FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS

REFLINA, SUSANTI (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan kontrasepsi yang perlu diperhatikan adalah terkait masih rendahnya angka penggunaan MKJP di Indonesia dimana pada tahun 2020 target penggunaan MKJP adalah 25,11% akan tetapi yang dicapai hanya sebesar 24,5% dan kontrasepsi masih didominasi oleh non MKJP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan MKJP di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Desain penelitian dengan cross sectional di wilayah kerja Puskesmas Andalas pada bulan Januari 2022. Sampel merupakan sebagian dari populasi yang diharapkan dapat mewakili populasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang peserta KB aktif. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling menggunakan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square serta multivariat regresi. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan baik 28,9% (p=0,003; OR=7,469), dukungan tenaga kesehatan yang mendukung 28,6% (p=0,008; OR=5,700) dan dukungan teman sebaya yang mendukung 27,8% (p=0,011; OR=5,385) dengan pemilihan MKJP di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Hasil dari uji multivariat regresi logistik didapatkan variabel yang paling dominan dalam pemilihan MKJP adalah dukungan tenaga kesehatan (p=0,100; OR=0,293; 95%Cl=0,068-1,263). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, dukungan tenaga kesehatan dan dukungan teman sebaya dengan pemilihan MKJP. Faktor yang paling dominan mempengaruhi pemilihan MKJP adalah dukungan tenaga kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM., M.Epid
Uncontrolled Keywords: MKJP, pengetahuan, dukungan tenaga kesehatan, dukungan teman sebaya
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 22 Apr 2022 08:10
Last Modified: 22 Apr 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101959

Actions (login required)

View Item View Item