GAMBARAN PENYAKIT PENYERTA PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE-2 LANJUT USIA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2020 – JANUARI 2021

Salsabila, Syafna Aulia (2022) GAMBARAN PENYAKIT PENYERTA PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE-2 LANJUT USIA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2020 – JANUARI 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahulan.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Proses menua menyebabkan terjadinya penurunan kualitas hidup sehingga membuat pasien diabetes mellitus tipe-2 lanjut usia berisiko lebih tinggi memiliki penyakit penyerta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penyakit penyerta pada pasien diabetes mellitus tipe-2 lanjut usia di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Januari 2020 – Januari 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain penelitian cross sectional. Didapatkan 65 data yang memenuhi kriteria sampel dan data tersebut diolah, kemudian dianalisis melalui analisis univariat. Hasil penelitian menujukkan bahwa pasien diabetes mellitus tipe-2 lanjut usia paling banyak terdapat pada kelompok umur 60-69 tahun (86,2%) dan jenis kelamin perempuan (55,4%) dengan jumlah penyakit penyerta yang ditemukan pada masing-masing pasien sebanyak 6 penyakit, baik berdasarkan umur dan jenis kelamin. Pada penelitian ini tidak ditemukan lansia yang berumur >80 tahun. Jenis penyakit penyerta terbanyak yang ditemukan adalah jantung dan pembuluh darah (23,2%), terutama penyakit hipertensi. Kemudian diikuti dengan penyakit infeksi (20,1%), termasuk Covid-19 dan selanjutnya kelainan darah (13,1%). Pada penelitian ini, kelompok umur 60-69 tahun memiliki lebih banyak jenis penyakit penyerta jantung dan pembuluh darah, sedangkan penyakit infeksi lebih banyak pada kelompok umur 70-79 tahun. Jenis penyakit penyerta terbanyak pada pasien diabetes mellitus tipe-2 lanjut usia berdasarkan jenis kelamin memiliki urutan yang sama, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Eva Decroli, Sp.PD-KEMD, FINASIM
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus tipe-2, lansia, penyakit penyerta
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:04
Last Modified: 21 Apr 2022 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101813

Actions (login required)

View Item View Item