Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Tahun 2021

Dina, Annisa Utami (2022) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS FEBRUARI 2022 Nama : Dina Annisa Utami No.BP : 2011316047 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Tahun 2021 ABSTRAK Remaja dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya merupakan kelompok yang beresiko terhadap perilaku kesehatan, seperti perilaku seksual pra nikah, penyalahgunaan NAPZA, minum-minuman beralkohol, serta Infeksi Menular Seksual/IMS. Hal tersebut memiliki dampak negatif bagi remaja, sehingga sangat dibutuhkan hal yang mampu meningkatkan status kesehatan serta mengatasi masalah seputar remaja.Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan Pelayanan yang ditujukan dan dapat dijangkau oleh remaja serta memenuhi kebutuhan terkait permasalahan remaja. Namun, pemanfaatan program PKPR masih rendah oleh remaja. Rendahnya pemanfaatan program PKPR tentu disebabkan oleh beberapa faktor seperti karakteristik (umur dan jenis kelamin), pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, dan dukungan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan program PKPR di Wilayah Kerja Puskesmas Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode Korelasi. Metode pengumpulan data yaitu dengan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 128 responden. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil penelitian didapatkan presentase remaja yang memanfaatkan program PKPR masih rendah (35,9%). Hasil analisis data diperoleh faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan program PKPR adalah pengetahuan (p=0,036), dukungan keluarga (p=0,030), dukungan petugas kesehatan (p=0,002). Faktor yang tidak berhubungan adalah karakteristik yang terdiri dari jenis kelamin (p=0,930) dan umur (p=0,478), sikap (p=0,902), dan dukungan teman sebaya (p=0,296). Saran kepada pihak Puskesmas untuk meningkatkan penyuluhan dan pemberian informasi tentang pemanfaatan PKPR yang ada di Puskesmas dan lebih meningkatkan kerja sama dengan sektor seperti keluarga dan sekolah. Kata Kunci : Pemanfaatan PKPR, Remaja Daftar Pustaka : 65 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:56
Last Modified: 22 Apr 2022 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101786

Actions (login required)

View Item View Item