Analisis Tingkat Stres Dokter Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Universitas Andalas Tahun 2020

Ari, Fuad Fajri (2021) Analisis Tingkat Stres Dokter Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Universitas Andalas Tahun 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full text)
Tugas akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan : Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) merupakan salah satu pendidikan akademik dokter umum menjadi seorang dokter spesialis berada digaris depan layanan kesehatan. Dokter residen diharapkan menjadi klinisi, pendidik, peneliti, dan administrator yang luwes pada akhir pelatihan residensi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada residen adalah jam kerja yang lama. Berdasarkan regulasi jam kerja yang diadopsi di Inggris sejak tahun 1998 adalah European Working Time Directive (EWTD) dan perubahan pada tahun 2007 dan 2009 yang disebut The New Deal, jam kerja dokter residen untuk mencapai kinerja optimal adalah 56 jam perminggu. Pada survey awal terhadap 10 orang residen PPDS Obgin Unand, Residen stase jejaring tetap harus melaksanakan tugas selama 24 jam penuh selama 1 bulan di rumah sakit. Jika dijumlahkan, rata-rata jam kerja dalam 1 minggu lebih dari 60 jam kerja. Tujuan : Mengetahui tingkat stres pada Dokter Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Ginekologi Universitas Andalas tahun 2020 Metode : Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang dilanjutkan dengan penelitian kualitatif menggunakan desain Explanatory. Data diambil menggunakan metode triangulasi dengan sumber data dari kuesioner, Focus Group Discussion (FGD), dan telaah dokumen dari seluruh residen semester PPDS OBGIN Universitas Andalas Padang Tahun 2020. Hasil : Tingkat stres tertinggi pada Dokter Residen PPDS Obstetri dan Ginekologi Universitas Andalas Tahun 2020 adalah 60.3% pada level sedang, terdapat hubungan tingkat stress dengan kelulusan yudisium dan tingkat semester. Serta domain stress tertinggi terdapat pada ARS (Academic Related Stressor) dan SRS (Social Related Stressor). Kesimpulan : Tingkat stres pada PPDS Obstetri dan Ginekologi Universitas Andalas Tahun 2020 berada pada level sedang, dan domain stres tertinggi terdapat pada ARS (Academic Related Stressor) dan SRS (Social Related Stressor).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. dr. Bobby Indra Utama, Sp.OG(K)-Urogin
Uncontrolled Keywords: Dokter Residen, OBGIN, stres
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:11
Last Modified: 13 Apr 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101536

Actions (login required)

View Item View Item