Strategi Pemasaran Jamur Tiram Pada Usahatani Sekar Qumbung Di Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara

Dwi, Fadila Sakila (2022) Strategi Pemasaran Jamur Tiram Pada Usahatani Sekar Qumbung Di Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan usahatani jamur tiram Sekar Qumbung (2) Mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan, kelemahan) dan eksternal (peluang, ancaman) di usahatani Sekar Qumbung (3) Merumuskan strategi pemasaran jamur tiram di usahatani Sekar Qumbung. Penelitian ini dilaksanakan pada Usahatani Jamur Tiram Sekar Qumbung yang beralamat di Jalan Deblod Sundoro, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil Berdirinya usahatani jamur tiram Sekar Qumbung di awali dengan pemilik Sekar Qumbung melihat adanya peluang dari banyaknya limbah serbuk kayu yang terbuang dan tidak dimanfaatkan di Kota Tebing Tinggi. Jamur tiram Sekar Qumbung memiliki Visi dan misi yang berorientasi kedepan, memiliki struktur organisasi. Tenaga kerja yang dimiliki oleh usahatani Sekar Qumbung berjumlah dua orang. Proses produksi dilakukan sesuai SOP budidaya jamur tiram. Pada faktor internal dan eksternal yang terdapat pada usahatani jamur tiram Sekar Qumbung didapatkan nilai Internal Faktor Evaluation (IFE) sebesar 3,21 dan didapatkan nilai External Faktor Evalution (EFE) sebesar 2,606 dan matriks Internal External (IE) didapatkan usahatani Sekar Qumbung pada sel IV posisi tumbuh dan membangun. Alternatif strategi SWOT yang dapat direkomendasikan yaittu sebagai berikut (1) Memperluas daerah pemasaran dengan mengoptimalkan kemampuan produksi produk (2) Mepertahankan mutu jamur tiram dan terus memproduksi jamur tiram secara organik (3) Melakukan promosi secara berkelanjutan melalui media online, dengan label yang semenarik mungkin pada kemasan (4) Meningkatkan produksi dan mengajak kerja sama dengan pedagang pengecer lain (5) Menjaga hubungan baik terhadap pemasok bahan baku dan konsumen untuk menjaga loyalitas (6) Memperluas pasar produk olahan jamur tiram (7) Meningkatkan inovasi pada produk olahan sehingga meningkatkan daya tarik masyarakat dan berdasarkan hasil matriks QSPM di dapatkan strategi prioritas yang paling penting untuk dilakukan oleh usahatani Sekar Qumbung yaitu Memperluas daerah pemasaran dengan mengoptimalkan kemampuan produksi produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:42
Last Modified: 12 Apr 2022 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101510

Actions (login required)

View Item View Item