Motif Mendengarkan Podcast sebagai Alternatif Hiburan Konten Audio bagi Mahasiswa Universitas Andalas (Studi Deskriptif pada Channel Podcast Podkesmas di Aplikasi Spotify)

syarif, ade rahmat (2022) Motif Mendengarkan Podcast sebagai Alternatif Hiburan Konten Audio bagi Mahasiswa Universitas Andalas (Studi Deskriptif pada Channel Podcast Podkesmas di Aplikasi Spotify). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
tugas akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Podcast Podkesmas sebagai media hiburan bagi masyarakat terutama mahasiswa Universitas Andalas merupakan Channel Podcast yang menduduki puncak pertama chart top five global di aplikasi Spotify. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif mahasiswa menggunakan podcast sebagai media hiburan dan pemaknaan mahasiswa pada konten podcast yang mereka dengarkan. Penelitian ini dilakukan karena adanya pergeseran konsep Podcast yang awalnya hanya konten audio menjadi konten audio visual yang tidak lepas dari jumlah audiens yang selalu bertambah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap enam informan dari mahasiswa aktif Universitas Andalas. Teknik analisis data menggunakan analysis Miles dan Hubberman (1993). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif informan mendengarkan Podkesmas adalah untuk memperbaiki mood dan perasaan pada waktu luang dengan penguatan dari pengalaman yang dirasakan. Kemudian dalam memaknai pesan yang didengarkan dari Podkesmas sebagai media hiburan serta sumber informasi dan edukasi Kata kunci : New Media, Podcast, Motif, Pemaknaan pesan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:12
Last Modified: 30 Mar 2022 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100963

Actions (login required)

View Item View Item