Analisis Tingkat Kelelahan Kerja Menggunakan Metode Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja Pada Petugas Pengangkutan Sampah Di Kota Padang

Vira, Sonia (2022) Analisis Tingkat Kelelahan Kerja Menggunakan Metode Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja Pada Petugas Pengangkutan Sampah Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kelelahan kerja, hubungan usia, masa kerja dan tingkat pendidikan terhadap kelelahan kerja dan rekomendasi perbaikan kerja berdasarkan tingkat kelelahan kerja pada petugas pengangkutan sampah di Kota Padang. Jumlah petugas yang dijadikan sampel yaitu 46 petugas di jalan protokol yang menggunakan dump truck. Analisis kelelahan kerja secara subjektif menggunakan metode Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja (KAUPK2). Analisis kelelahan kerja pada petugas pengangkutan sampah Kota Padang menggunakan analisis bivariat dengan uji chi square. Mayoritas petugas pengangkutan sampah di jalan protokol Kota Padang mengalami kelelahan kerja dalam kategori ringan, yaitu sebanyak 44 responden (95,65%) dan 2 responden (4,35%) mengalami kelelahan kerja sedang. Hasil analisis didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara kelelahan kerja dengan usia (p-value = 0,131), masa kerja (p-value = 0,957) dan tingkat pendidikan (p-value = 0,269) pada petugas pengangkutan sampah di Kota Padang. Rekomendasi yang diberikan dalam pengendalian kelelahan kerja pada petugas pengangkutan sampah di Kota Padang yaitu melakukan sosialisasi tentang pentingnya pedisiplinan penggunaan APD, melakukan medical check up kesehatan secara rutin setiap bulannya serta memberikan waktu istirahat untuk para pekerja sesuai standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TIVANY EDWIN, S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: usia, masa kerja, tingkat pendidikan kelelahan kerja,petugas pengangkutan sampah, KAUPK2
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:44
Last Modified: 25 Mar 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100859

Actions (login required)

View Item View Item