Hubungan Motivasi Perlindungan Diri dan Sikap Mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2021

Al Hanifah, Armes (2022) Hubungan Motivasi Perlindungan Diri dan Sikap Mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII (Penutup))
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingkat kepatuhan mahasiswa terhadap pelaksanaan protokol kesehatan masih rendah dengan masih banyaknya mahasiswa yang berkumpul dan tidak memperhatikan protokol kesehatan. Mahasiswa keperawatan adalah agen perubah dalam kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga perlu diteliti bagaimana motivasi dan sikap mereka dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi perlindungan diri dan sikap mahasiswa keperawatan dengan kepatuhan protokol kesehatan. Penelitian dilakukan pada 253 Mahasiswa S1 Keperawatan UNAND secara cluster sampling menggunakan design cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa sudah patuh terhadap protokol kesehatan 5M, sebagian mahasiswa sudah memiliki motivasi yang sedang terkait perlindungan diri terhadap COVID-19 dan sebagian mahasiswa sudah memiliki sikap positif terhadap protokol kesehatan 5M. Ada hubungan yang signifikan antara motivasi perlindungan diri dan sikap mahasiswa keperawatan UNAND dengan kepatuhan protokol kesehatan dimana p value 0,000 dengan nilai positif dan searah. Diharapkan mahasiswa keperawatan dapat meningkatkan motivasi perlindungan diri dan sikap positif dengan meningkatkan pemahaman dan keyakinan diri terhadap bahaya COVID-19, sehingga mendorong tercipta perilaku kesehatan yang patuh. Perlu dilakukan penelitian yang lebih spesifik lagi mengenai penyebab ketidakpatuhan mahasiswa dalam menerapkan protokol kesehatan terutama di lingkungan kampus. Kata kunci : Protokol kesehatan, Kepatuhan, Motivasi Perlindungan Diri, Sikap Daftar Pustaka : 75 (2010-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Mar 2022 08:57
Last Modified: 25 Mar 2022 08:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100837

Actions (login required)

View Item View Item