Tinjauan Naratif Faktor Yang Mendorong Ibu Melakukan Program Gentle Birth

Vanessa, Alivia Savira (2022) Tinjauan Naratif Faktor Yang Mendorong Ibu Melakukan Program Gentle Birth. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Persalinan SC menjadi pilihan bagi sebagian banyak ibu hamil karena dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan pada saat persalinan, sehingga dapat mengurangi kecemasan yang dirasakan oleh ibu saat menghadapi persalinan. Dengan menerapkan program gentle birth dari masa kehamilan hingga persalinan ibu dapat meminimalisir kecemasan serta intervensi medis yang dilakukan selama persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendorong ibu untuk melakukan program gentle birth. Jenis penelitian ini adalah narrative literature review. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2021. Pencarian artikel diakses melalui database PubMed, ScienceDirect, dan Google Scholar. Artikel yang dipilih merupakan artikel primer yang membahas tentang faktor yang mendorong ibu untuk melakukan program gentle birth pada tahun 2016-2021. Faktor internal yang mendorong ibu untuk melakukan program gentle birth adalah pengetahuan ibu, minat ibu, motivasi ibu, persepsi ibu, pengalaman bersalin ibu, aspek psikologis ibu, dan keyakinan ibu akan kemampuan dirinya. Sedangkan faktor eksternal yang mendorong ibu untuk melakukan program gentle birth adalah dukungan suami, dukungan tenaga kesehatan, dukungan keluarga dan teman, serta fasilitas kesehatan. Pengaruh dari faktor internal dan eksternal yang mendorong ibu untuk melakukan program gentle birth kurang lebih sama besar. Faktor internal yang dominan mendorong ibu melakukan program gentle birth adalah pengetahuan ibu. Sedangkan faktor eksternal yang dominan mendorong ibu melakukan program gentle birth adalah dukungan suami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yulizawati, SST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: gentle birth, dukungan suami, dukugan keluarga, dukungan tenaga kesehatan, dukungan sosial, pengalaman, motivasi ibu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 11 Mar 2022 08:20
Last Modified: 11 Mar 2022 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100339

Actions (login required)

View Item View Item