EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TENTANG PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi Pada Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) di Kampung KB Sehat Nagari Aie Angek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung)

Welda, Yulia (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TENTANG PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) (Studi Pada Pelaksanaan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) di Kampung KB Sehat Nagari Aie Angek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
2020862030_WELDA YULIA OK Cover & Abstrak (watermark).pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2020862030_WELDA YULIA OK BAB I (watermark).pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
2020862030_WELDA YULIA OK BAB 6 (watermark).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2020862030_WELDA YULIA OK DAFTAR PUSTAKA (watermark).pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
2020862030_WELDA YULIA(watermark).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) merupakan unsur terpenting pencapaian program Bangga Kencana, terutama program KB MKJP karena dianggap sebagai kontrasepsi yang Rasional, Efektif dan Efisien (REE). Pelaksanaan KIE yang maksimal menghasilkan capaian memuaskan, Namun berbeda di Kampung KB Sehat Nagari Aie Angek pencapaiannya jauh di bawah capaian nasional, provinsi dan kabupaten yaitu 8.12 % sementara KIE telah dilakukan dengan menggunakan media di antaranya leaflet, poster, ABPK, lembar balik, video dan lain-lain. Media selayaknya membantu proses komunikasi menjadi lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media leaflet dan video dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap PUS tentang program KB MKJP di Kampung KB Sehat Nagari Aie Angek. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dan rancangan percobaannya yaitu pretest- posttest design with comparison group. Sampel penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 orang pada kelompok media leaflet dan 18 orang pada kelompok media video. Teknik pengumpulan data melalui pretest, posttest dan observasi dengan instrumen penelitian berupa angket tertutup. Analisis data menggunakan SPSS dengan statistik deskriptif, t test paired, wilcoxon signed test serta mann whitney u test. Adapun hasil penelitian yaitu ada perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap PUS sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media leaflet dan video, media video lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan PUS tentang program KB MKJP, media leaflet dan video sama-sama efektif dalam mengubah sikap PUS tentang program KB MKJP di Kampung KB Sehat Nagari Aie Angek.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas media, KIE, PUS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:13
Last Modified: 07 Mar 2022 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100183

Actions (login required)

View Item View Item