Pengaruh Parameter Kecepatan, Waktu dan Tekanan Terhadap Kinerja Mesin Homogenizer

Fadli, Muhammad Fidel (2021) Pengaruh Parameter Kecepatan, Waktu dan Tekanan Terhadap Kinerja Mesin Homogenizer. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Homogenization atau homogenisasi adalah proses penyeragaman ukuran partikel dalam upaya mempertahankan kestabilan dari sebuah campuran yang terbentuk dari dua fase yang tidak dapat menyatu atau biasa disebut emulsi. Maka dari itu salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran partikel salah satunya yaitu mesin homogenizer. Mesin homogenizer juga dapat digunakan untuk mengecilkan suatu bahan tanpa dicampurkan dengan bahan lainnya. Faktor yang digunakan untuk melihat ukuran partikel adalah kecepatan putar rotor, waktu kerja mesin dan tekanan. Bahan yang digunakan adalah selulosa, arang kelapa dan Nata de Coco. Setelah dilakukan proses homogenisasi menggunakan mesin homogenizer rata-rata ukuran partikel yang didapat akan dilihat menggunakan mikroskop stereo. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode Taguchi Orthogonal Array Design L9 (33) dengan tipe smaller is better sebagai karakteristik respon SN Ratio sehingga hanya 9 percobaan saja yang dilakukan. Nilai ukuran yang paling kecil didapatkan pada kecepatan putar rotor 3000 rpm, waktu kerja mesin 90 menit, dan bukaan katup setengah terbuka dengan ukuran masing-masing spesimen yaitu 0,4 µm pada selulosa, 0,34 µm pada arang kelapa dan 0,51 µm pada Nata de Coco. Berdasarkan Analysis of Variance (ANOVA) faktor yang berpengaruh terhadap ukuran masing-masing spesimen hanyalah kecepatan putar rotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firman Ridwan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Homogenizer, Homogenisasi, Selulosa, Arang Kelapa, Nata de Coco, Emulsi, Ukuran Partikel, Metoda Taguchi, Mikroskop Stereo
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:55
Last Modified: 23 Feb 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99832

Actions (login required)

View Item View Item