Perbedaan Tingkat Stres dan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021 yang Melakukan Perkuliahan Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19

Vivi, Ramadhani (2022) Perbedaan Tingkat Stres dan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Angkatan 2020 dan 2021 yang Melakukan Perkuliahan Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
SKRIPSI Vivi Ramadhani_2011316037_BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI_Vivi Ramadhani_2011316037_LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI Vivi Ramadhani_2011316037_Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK_Vivi Ramadhani_2011316037_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
SKRIPSI Vivi Ramadhani_2011316037_BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview

Abstract

Kebijakan physical distancing selama pandemi COVID-19, mempunyai pengaruh psikologis negative bagi mahasiswa berupa peningkatan kecemasan, depresi serta stress. Mahasiswa mulai merasa pembelajaran daring menjadi membosankan. Penilaian stress dan kecemasan dilakukan pada angkatan 2020 dan 2021 dikarenakan proses pembelajaran daring di modifikasi secara terus-menerus sebagai upaya untuk mengatasi peningkatan stres pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian komparatif. Teknik pengambilan nonprobability sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa fakultas keperawatan universitas andalas program A angkatan 2020 sebanyak 98 mahasiswa dan angkatan 2021 sebanyak 85 mahasiswa. Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan tingkat stres dan kecemasan pada mahasiswa angkatan 2020 dan angkatan 2021 (p-value 0.130). Terdapat 2 komponen stress yang memiliki perbedaan, yaitu komponen dosen / pendidik (p-value 0.000) dan sosial, orang tua dan teman (p-value 0.003) yang berarti terdapat perbedaan antara tingkat stress berdasarkan komponen dosen / pendidik dan pada sosial, orang tua dan teman pada angkatan 2020 dan angkatan 2021. Diharapkan mahasiswa dapat mencatat setiap materi yang diberikan, merekam materi yang diberikan oleh dosen. Dosen dapat memberikan ice breaking di tengah waktu jam pembelajaran yang panjang, diharapkan hal ini dapat menurunkan stres dan kecemasan yang rentan terjadi. Kata Kunci : Stress akademik, Kecemasan Akademik, Mahasiswa Daftar Pustaka : 76 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil huriani,S.Kp.Mn
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:37
Last Modified: 11 Feb 2022 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99547

Actions (login required)

View Item View Item