Pengaruh Penggunaan Teknik Array pada Antena Mikrostrip Semi-Circular Patch dengan Frekuensi 2.4 GHz dalam Mendukung Teknologi Wireless Body Area Network

Agung, Bhaskara (2022) Pengaruh Penggunaan Teknik Array pada Antena Mikrostrip Semi-Circular Patch dengan Frekuensi 2.4 GHz dalam Mendukung Teknologi Wireless Body Area Network. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir (Final))
Tugas Akhir (Final).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan merancang antena mikrostrip semi-circular patch yang dapat bekerja pada frekuensi 2.4 GHz (band 2360 MHz - 2400 MHz) untuk mendukung teknologi Wireless Body Area Network. Salah satu perangkat yang dikoneksikan pada teknologi WBAN adalah monitor Holter dan perekam data medis yang membentuk suatu jaringan medis untuk pasca-operasi ataupun memonitor pasien ICU (Intensive Care Unit). Pada umumnya perangkat ini terhubung menggunakan kabel dalam mentransmisikan data, sehingga metode ini tidak praktis terutama untuk pasien yang memiliki kasus khusus yang membuat kondisi penderita sulit untuk bergerak. Salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan kabel pada perangkat ini adalah antena mikrostrip. Untuk mendukung salah satu teknologi WBAN diperlukan suatu antena yang memiliki karakteristik gain dan bandwidth yang cukup besar. Untuk meningkatkan gain dan bandwidth digunakan metode array pada antena dengan pencatuan inset feed. Substrate yang digunakan adalah FR-4 Epoxy dengan konstanta dielektrik 4,3 dan ketebalan 1,6 mm. Rancangan antena disimulasikan menggunakan CST Studio Suite 2019. Penggunaan metode array pada antena mikrostrip mampu meningkatkan gain hingga 132,9% yaitu sebesar 5,73 dB. Hasil simulasi diperoleh return loss sebesar -17,223 dB dengan bandwidth sebesar 88,3 MHz di rentang frekuensi 2357,6 MHz - 2445,9 MHz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Baharuddin,M.T.
Uncontrolled Keywords: WBAN, Semi-circular, Array, Inset Feed, CST Studio Suite
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 05 Apr 2022 08:00
Last Modified: 05 Apr 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99526

Actions (login required)

View Item View Item