Peluang Petani dan Rumah Tangga Miskin Terhadap Penerimaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Wilayah Pulau Sumatera

Fadhli, Putra Darma (2022) Peluang Petani dan Rumah Tangga Miskin Terhadap Penerimaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Wilayah Pulau Sumatera. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak(12).pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I(2).pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BABV.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(7).pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Fadhli Putra Darma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peluang petani dan rumah tangga miskin terhadap penerimaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah pulau Sumatera. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data Susenas tahun 2019 dengan metode analisis data menggunakan analisis Limited Dependent Variable (LDV) dengan model Binary Respons yang salah satunya adalah model probit, untuk menganalisis variabel dependent berupa kategori binomial serta hubungan antara variabel independent dengan variabel dependent, apakah variabel independent berhubungan positif atau negatif. Adapun tahapan dan cakupan pengujian model regresi probabilitas adalah (1) Dengan Bersamaan; (2) Dengan Segmental; (3) Uji Goodness of Fit; (4) Regresi Probit. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lapangan usaha, pengeluaran perkapita, jumlah anggota keluarga dan tingkat pendidikan. Variabel dependent yang digunakan yaitu penerimaan Kredit Usaha Rkyat (KUR) di wilayah Pulau Sumatera. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lapangan usaha berpengaruh negatif namun signifikan terhadap penerimaan KUR di wilayah Pulau Sumatera. Pengeluaran perkapita dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan KUR di wilayah Pulau Sumatera. Tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap penerimaan KUR di wilayah Pulau Sumatera. Hasil ini menunjukkan bahwa probabilitas petani dan rumah tangga miskin lebih sedikit dibandingkan probabilitas non petani dan rumah tangga non miskin terhadap penerimaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah Pulau Sumatera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fajri Muharja, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Lapangan Usaha, Pengeluaran Perkapita, Jumlah Anggota Keluarga, Tingkat Pendidikan, Penerimaan KUR, Petani, Rumah Tangga Miskin
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:13
Last Modified: 08 Feb 2022 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98947

Actions (login required)

View Item View Item