HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) KOTA PADANG PANJANG

SHINTA, DEWI KASIH BRATHA (2014) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
201410261935th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak adalah individu yang unik, karena faktor bawaan dan lingkungan yang berbeda. Maka pertumbuhan dan pencapaian kemampuan perkembangan pun berbeda termasuk kepada anak berkebutuhan khusus seperti retardasi mental ringan. Anak dengan retardasi mental ringan dapat berprestasi dalam bidang akademiknya jika dilatih secara terus menerus. Pola asuh orang tua memiliki arti penting untuk anak retardasi mental ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak retardasi mental ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Padang Panjang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional, teknik pengambilan sampel dengan total sampling yang berjumlah 25 orang responden. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan studi dokumentasi nilai rapor. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik somers’d. Dari hasil penelitian didapatkan 56 % menerapkan pola asuh demokratis terhadap anaknya, 28 % menerapkan pola asuh campuran, 12 % menerapkan pola asuh permisif dan 4 % menerapkan pola asuh otoriter. Sedangkan prestasi belajar anak retardasi mental di peroleh 56 % dengan prestasi belajar cukup (75 – 84), 40 % memuaskan (85 – 100) dan 4 % kurang (55 – 64). Dan dari penelitian ini terdapat hubungan bermakna antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak. Hasil penelitian ini berbeda dengan teori yang ada. Pada penelitian ini di dapatkan orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis terhadap anak retardasi mental ringan memiliki anak yang berprestasi di bidang akademiknya. Sedangkan menurut teori pola asuh yang baik untuk anak retardasi mental ringan adalah pola asuh otoriter. Hal ini berbeda karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya, lakukan penelitian berdasarkan faktor yang mempengaruhi tersebut terhadap prestasi belajar anak retardasi mental ringan. Kata kunci : Pola asuh, Prestasi belajar, Retardasi mental ringan Daftar pustaka : 62 (1993 – 2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 May 2016 02:47
Last Modified: 29 May 2016 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9863

Actions (login required)

View Item View Item