Adys, Putera Nusantara (2021) Penentuan Interval Waktu Pemeliharaan Bus Trans Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrack)
Adys Putera Nusantara_1410932011_Penentuan Interval Waktu Pemeliharan Bus Trans Padang_test_watermark-Cover.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
Adys Putera Nusantara_1410932011_Penentuan Interval Waktu Pemeliharan Bus Trans Padang_test_watermark-BAB 1.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6)
Adys Putera Nusantara_1410932011_Penentuan Interval Waktu Pemeliharan Bus Trans Padang_test_watermark-BAB 6.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Adys Putera Nusantara_1410932011_Penentuan Interval Waktu Pemeliharan Bus Trans Padang_test_watermark-DAPUS.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (Full Text)
Adys Putera Nusantara_1410932011_Penentuan Interval Waktu Pemeliharan Bus Trans Padang_test_watermark (full Text).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Transportasi saat telah berkembang dan menjadi salah satu aspek penting dalam kegiatan masyarakat terutama kota-kota besar yang mempunyai jumlah penduduk yang padat. Trans Padang merupakan salah satu transportasi kota Padang dengan sistem Bus Rapid Transit (BRT) atau yang lebih deikenal dengan busway. Saat Trans Padang telah menjalankan Bus dengan total 35 unit dengan jumlah halte 71 unit. Salah satu program yang dilakukan dalam meningkatkan pelayanan adalah dengan melakuka pemeliharan terhadap bus yang beroperasi. Pemeliharaan trans padang saat ini melakukan pemeliharaan secara corrective maintenance yang dimana pemeliharaan ini hanya dilakukan ketika mesin atau komponen sudah rusak atau habis baru dilakuka pemeliharaan atau penggantian. Penjadwalan pemeliharaan yang tidak ada mejadikan Trans Padang tidak mengetahui kapan pemeliharaan harus dilakukan. Pemeliharaan secara preventive menjadi salah atu solusi untuk pemeliharaan yang ada pada Trans Padang saat ini dimana dengan pemeliharaan ini dapat diketahui interval waktu atau jadwal kapan pemeliharaan harus dilakukan. Pendekatan pemeliharaan dengan metoda reability centered maintenance (RCM) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dapat membantu mengetahui penyebab terjadi keusakan, cara penanganannya serta mengetahui nilai keandalan suatu komponen. Pemeliharan dilakukan pada komponen kritis yang dimana komponen ini berpengaruh terhadap proses produksi. Pada penelitian ini untuk komponen kritis didapatkan pada bus Trans Padang 01 dengan komponen kritis yaitu side shaft (stang metal), crank shaft (metal jalan), dan motor electric dengan interval waktu pemeliharaan sebesar 67 jam dengan schedule restoration task untuk side shaft, 69 jam dengan schedule discard task untuk crank shaft dan eletrick motor sebesar 371 jam dengan schedule restoration task. Keyword: Trans Padang, Pemeliharaan, Corrective Maintenance, Preventive Maintenance, reability centered maintenance (RCM), Failure Mode Effect Analysis (FMEA)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Feri Afrinaldi, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:46 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98085 |
Actions (login required)
View Item |