Hubungan status gizi anak dan karakteristik ibu dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang

Husnul, Fadillah (2021) Hubungan status gizi anak dan karakteristik ibu dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text Husnul Fadillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dan Tujuan Penelitian Anak usia prasekolah merupakan masa keemasan. Perkembangan motorik merupakan awal kecerdasan dan emosi sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Status gizi anak dan karakteristik ibu dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang pada bulan September 2021. Sampel penelitian adalah ibu dengan anak usia prasekolah sebanyak 44 orang. Pengumpulan data dengan kuesioner, Denver II, dan CDC 2000. Analisis data secara univariat, bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0,05), dan multivariat dengan menggunakan metode uji regresi logistic binary (p<0,05), besaran Exp(B),dan CI-nya. Hasil Hasil penelitian menunjukkan 40,9% anak dengan perkembangan motorik suspek. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi anak (p=0,001), pendidikan ibu (p=0,004), dan dan pekerjaan ibu (p=0,013), sedangkakn usia ibu (p=0,447) tidak memiliki hubungan dengan perkembangan motorik anak. Hasil analisis multivariat menunjukkan terdapat variabel yang paling dominan adalah status gizi anak (p=0,003), Exp(B)=26,25, dan CI(95%)=3,14-219,36. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi anak, pendidikan ibu, dan pekerjaan ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah. Daftar Pustaka : 50 (2009-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. dr. Hardisman, MHID, Dr.PH. Med
Uncontrolled Keywords: Status gizi, pendidikan, usia, pekerjaan, dan perkembangan motorik.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 26 Jan 2022 09:15
Last Modified: 26 Jan 2022 09:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97969

Actions (login required)

View Item View Item