IDENTIFIKASI TELUR CACING SOIL TRANSMITTED HELMINTHS(STH) PADA SAYUR KUBIS (Brassica olerace) YANG DIJUAL OLEH PEDAGANG MAKANAN DI SEPANJANG JALAN ADINEGORO –PROF. DR. HAMKA KOTA PADANG

Fathoni, Akbar (2021) IDENTIFIKASI TELUR CACING SOIL TRANSMITTED HELMINTHS(STH) PADA SAYUR KUBIS (Brassica olerace) YANG DIJUAL OLEH PEDAGANG MAKANAN DI SEPANJANG JALAN ADINEGORO –PROF. DR. HAMKA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Soil Transmitted Helminths (STH) adalah istilah yang mengacu pada parasit cacing nematoda usus yang membutuhkan tanah untuk menjadi bentuk infektif. STH dapat ditularkan melalui konsumsi sayuran mentah yang terkontaminasi bentuk infektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontaminasi Soil Transmitted Helmiths pada kubis (Brassica oleracea) yang dijual oleh pedagang makanan di sepanjang Jalan Adinegoro – Prof. Dr. Hamka Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling, diperoleh sampel kubis sebanyak 30 buah. Sampel diperiksa dengan menggunakan metode sedimentasi. Hasil pemeriksaan dilihat dengan menggunakan mikroskop. Data dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini ditemukan satu sampel terkonfirmasi positif cacing tambang pada stadium larva filariform. Mekanisme penularan Soil Transmitted Helmiths (STH) dimulai dari petani ke konsumen. Faktor penyebab tingginya tingkat pencemaran STH adalah proses pencucian sayuran yang kurang baik. Diharapkan dari hasil penelitian ini pedagang lebih memperhatikan kebersihan bahan makanan yang akan dijual kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Selfi Renita Rusjdi, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Soil Transmitted Helminths, kubis, kontaminasi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:56
Last Modified: 25 Jan 2022 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97771

Actions (login required)

View Item View Item