WENI, ARTITANTIA (2021) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR WALI NAGARI PANTI TIMUR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (781kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia, praktik maladministrasi marak dijumpai di pemerintahan mulai dari pemerintahan daerah hingga pemerintahan desa. Sehingga penilaian terhadap kualitas pelayanan publik perlu dilaksanakan, terutama di tingkat pemerintahan desa sebagai gerbang awal pelayanan publik kepada masyarakat. Pemerintahan Nagari Panti Timur memberikan layanan administrasi seperti Surat Keterangan Usaha (SKU). Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ditemukan banyak kekurangan, yakni minimnya informasi terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP), kedisiplinan pegawai yang masih rendah, pemanfaatan alat bantu komputer yang belum maksimal, dsb. Pemerintahan Nagari Panti Timur diharapkan mampu menyelnggarakan pelayanan yang efektif dan efisien demi tercapainya kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini teori yang dijadikan acuan adalah teori kualitas pelayanan publik oleh A.G. Subarsono dengan 3 variabel yang digunakan untuk pengukuran yaitu efisiensi, responsivitas, dan non-partisan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan wawancara dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode accidental sampling. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Panti Timur terutama dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) sejauh ini belum terlaksana dengan baik. Ketiga variabel yakni efisien, responsif, dan non-partisan belum sepenuhnya tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukanbahwa tingkat disiplin Perangkat Nagari masih rendah dan sering datang terlambat, tidak adanya kejelasan informasi terkait Standar Pelayanan yang menimbulkan kebingungan pengguna layanan, serta kondisi kotak saran yang rusak sehingga menyulitkan proses penyampaian aduan masyarakat kepada Pemerintahan Nagari Panti Timur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintahan Nagari, Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 08:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 08:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97690 |
Actions (login required)
View Item |