KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR WALI NAGARI PANTI TIMUR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

WENI, ARTITANTIA (2021) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR WALI NAGARI PANTI TIMUR KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia, praktik maladministrasi marak dijumpai di pemerintahan mulai dari pemerintahan daerah hingga pemerintahan desa. Sehingga penilaian terhadap kualitas pelayanan publik perlu dilaksanakan, terutama di tingkat pemerintahan desa sebagai gerbang awal pelayanan publik kepada masyarakat. Pemerintahan Nagari Panti Timur memberikan layanan administrasi seperti Surat Keterangan Usaha (SKU). Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ditemukan banyak kekurangan, yakni minimnya informasi terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP), kedisiplinan pegawai yang masih rendah, pemanfaatan alat bantu komputer yang belum maksimal, dsb. Pemerintahan Nagari Panti Timur diharapkan mampu menyelnggarakan pelayanan yang efektif dan efisien demi tercapainya kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini teori yang dijadikan acuan adalah teori kualitas pelayanan publik oleh A.G. Subarsono dengan 3 variabel yang digunakan untuk pengukuran yaitu efisiensi, responsivitas, dan non-partisan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan wawancara dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode accidental sampling. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Panti Timur terutama dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) sejauh ini belum terlaksana dengan baik. Ketiga variabel yakni efisien, responsif, dan non-partisan belum sepenuhnya tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukanbahwa tingkat disiplin Perangkat Nagari masih rendah dan sering datang terlambat, tidak adanya kejelasan informasi terkait Standar Pelayanan yang menimbulkan kebingungan pengguna layanan, serta kondisi kotak saran yang rusak sehingga menyulitkan proses penyampaian aduan masyarakat kepada Pemerintahan Nagari Panti Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Pemerintahan Nagari, Kepuasan Masyarakat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:13
Last Modified: 25 Jan 2022 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97690

Actions (login required)

View Item View Item