ALIH KODE PADA INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

ILHAM, RAHMA ESA (2021) ALIH KODE PADA INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT 1.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview

Abstract

Ilham Rahma Esa, 1610722041. “ Alih Kode pada Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman barat : Tinjauan Sosiolinguistik”. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2021. Pembimbing I Leni Syafyahya, S.S., M.Hum. Pembimbing II Sonezza Ladyana S.S., M.A. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Apa saja alih kode yang terdapat pada interaksi jual beli di pasar Tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat?, (2) faktor apa saja yang menyebabkan alih kode terjadi pada interaksi jual beli di pasar Tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat?. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Menjelaskan alih kode yang terdapat pada interaksi jual beli di pasar Tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, (2) menjelaskan faktor apa saja yang menyebabkan terdinya alih kode pada interaksi jual beli di pasar Tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penyediaan data adalah metode simak dengan teknik dasar : teknik sadap dan Teknik lanjtan yaitu : Teknik. Simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Selanjutnya, metode dan teknik penyediaan data digunakan metode cakap dengan teknik dasar : teknik pancing dan teknik lanjutannya teknik cakap semuka. Dalam analisis data, digunakan metode padan translasional dan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) sebagai teknik dasar dan hubung banding membedakan (HBB) sebagai teknik lanjutan. Selanjutnya, dalam penyajian analisis data digunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data, alih kode yang terjadi dalam interaksi jual beli di pasar tradisional Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat yaitu : (1). Alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, (2) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda, (3) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau, (4) alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Batak, (5) alih kode dari bahasa Minangkabau ke bahasa Mandailing, (6) alih kode dari bahasa ke bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, dari bahasa Jawa ke bahasa Minangkabau, (7) alih kode dari bahasa Mandailing ke bahasa Jawa, dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam interaksi jual beli di pasar tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman barat yaitu : (1) Siapa yang berbicara, (2) Dengan bahasa apa, (3) Kepada siapa, (4) Kapan dan, (5) Dengan tujuan apa. Selain faktor penyebab terjadinya alih kode berdasarkan teori yang digunakan penulis, penulis juga menemukan faktor lain yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam interaksi jual beli di pasar tradisional Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat yaitu faktor spontanitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Leni Syafyahya, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : alih kode, pasar tradisional, Kecamatan Pasaman.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:21
Last Modified: 24 Jan 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97479

Actions (login required)

View Item View Item