Analisis Pengaruh Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Dan Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Sumatera Barat

Fandi, Wenatra (2021) Analisis Pengaruh Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Dan Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Upload Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Upload BAB 1.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
Upload BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Upload Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Upload Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia berperan penting dalam pembangunan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat yang dapat berkibat pada naiknya mutu dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menganalisa pengaruh dari beberapa faktor yaitu tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat tahun 2014-2019. Penelitian ini menggunakan data skunder berupa data time series dan cross section selama 5 tahun yaitu dari tahun 2014-2019. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode aggresi data panel dengan metode OLS. Data diolah menggunakan software StataMP 16. Model regresi yang digunakan telah memenuhi uji asusmi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan normalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama (Uji F) variabel tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan memiliki pengaruh yang signifkan terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Barat. Secara parsial (Uji t), variabel tingkat kemiskinan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, sedangkan variabel tingkat pengangguran memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, dan variabel pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Barat tahun 2014-2019. Kata Kunci: Tingkat Kemiskinan, Tingkat Pengangguran, Anggaran Pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Lukman, SE, M.Si.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:19
Last Modified: 27 Jan 2022 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96975

Actions (login required)

View Item View Item