Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Tingkat Kebugaran Jasmani pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota

Hafiza, Fauzia Nabillah (2021) Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Tingkat Kebugaran Jasmani pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan alat ukur yang digunakan untuk menentukan status gizi seseorang. Lansia dengan IMT overweight dan obesitas cenderung berisiko memiliki tingkat kebugaran jasmani yang buruk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dengan tingkat kebugaran jasmani pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain potong lintang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan consecutive sampling dan jumlah sampel sebanyak 38 lansia. Pengumpulan data menggunakan pengukuran berat badan dan tinggi badan serta tes jalan 6 menit. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas lansia memiliki indeks massa tubuh overweight (34,2%). Tingkat kebugaran jasmani buruk (76,3%) merupakan tingkat kebugaran yang banyak ditemukan pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan tingkat kebugaran jasmani lansia (p = 0,036). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara indeks massa tubuh dengan tingkat kebugaran jasmani pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Eka Fithra Elfi, Sp.JP(K)
Uncontrolled Keywords: Tes jalan 6 menit, indeks massa tubuh, lansia, tingkat kebugaran jasmani
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Jan 2022 08:04
Last Modified: 13 Jan 2022 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96958

Actions (login required)

View Item View Item