Peranan Ninik Mamak Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Penganiayaan Melalui Proses Peradilan Adat (Studi : Kerapatan Adat Nagari Kinali)

S, Yulhardi. (2021) Peranan Ninik Mamak Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Penganiayaan Melalui Proses Peradilan Adat (Studi : Kerapatan Adat Nagari Kinali). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK YULHARDI.S.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN YULHARDI.S.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR YULHARDI.S.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA YULHARDI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
FULL TESIS YULHARDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Nagari, Nagari adalah Kesatuan Masyarakat Hukum Adat secara geneologis dan historis, memiliki batas-batas dalam wilayah tertentu, memiliki harta kekayaan sendiri, berwenang memilih pemimpinnya secara musyawarah serta mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan filosofi dan sandi adat, Adat Basandi Syara’ – Syara’ Basandi Kitabullah. permasalahan penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah peranan ninik mamak dalam penyelesaian tindak pidana penganiayaan melalui proses peradilan adat di Kenagarian Kinali, 2. Apakah kategori tindak pidana yang dapat diselesaikan pada peradilan adat di Kenagarian Kinali, 3. Bagaimanakah bentuk sanksi adat yang dijatuhkan apabila ada pihak yang terbukti bersalah dalam perbuatan pidana tersebut pada Kenagarian Kinali? Metode penulisan yang digunakan Metode Yuridis Sosiologi atau Empiris, yaitu suatu penelitian yang menggunakan bahan kepustakaan atau data sekunder sebagai data awalnya kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan, jenis data yang digunakan adalah : data primer dan data sekunder, Analisi data menggunakan metode analisis kualitatif, Hasil penelitian Penyelesaiaan perkara pidana melalui Mediasi Penal terhadap tindak pidana penganiayaan pada masyarakat Adat Nagari Kinali masih belum terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan bahwa, para pelaku dan korban masih belum sepenuhnya menyetujui penyelesaian penganiayaan dengan penyelesaian secara ninik mamak. Para pihak perkara masih cenderung ingin membawa kasus ini pada jalur litigasi. Seharusnya para pihak bisa menghargai keberadaan ninik mamak dalam meyelesaian perkara pidana melalui Mediasi terhadap tindak pidana penganiayaan pada masyarakat Adat Nagari Kinali dan masyarakarat sekitar masih belum menyadari keberadaan hukum adat sebagai alternative dalam menyelesaikan perkara yang terjadi dalam masyarakat. Kata Kunci: Peranan, Ninik Mamak, Tindak Pidana Penaniayaan, Peradilan Adat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:46
Last Modified: 12 Jan 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96866

Actions (login required)

View Item View Item