UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKOENZIM DARI CAMPURAN LIMBAH KULIT BUAH TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Staphylococcus epidermidis

Annisa, Lorenza (2021) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKOENZIM DARI CAMPURAN LIMBAH KULIT BUAH TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Staphylococcus epidermidis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ekoenzim dibuat dengan menggunakan campuran limbah kulit buah dengan molase dan air yang kemudian difermentasi selama 3 bulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Juli 2021 di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk ekoenzim dari campuran limbah kulit buah dan untuk menguji aktivitas antibakteri produk ekoenzim dari limbah kulit buah dalam menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis penyebab penyakit kulit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan antibiotik eritromisin sebagai kontrol positif dan ekoenzim komersial sebagai kontrol negatif. Tahap penelitian meliputi pembuatan ekoenzim dari limbah kulit buah yang difermentasi secara alami selama 3 bulan. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas antibakteri ekoenzim terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan produk ekoenzim dari kombinasi limbah kulit buah yang memiliki pH 3, aroma yang masam dan warna old brick. Adapun uji fitokimia yang dilakukan terhadap ekoenzim didapatkan kandungan saponin, tannin dan fenolik. Produk ekoenzim kulit buah dapat menghambat bakteri S. aureus dengan rata-rata zona hambat 7,08 mm dan S. epidermidis dengan zona hambat 7,83 mm yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fuji Astuti Febria, M.Si
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Ekoenzim, Fermentasi, Limbah buah, Molase, Staphylococcus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:52
Last Modified: 14 Jan 2022 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96852

Actions (login required)

View Item View Item