GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS KELURAHAN SE-KECAMATAN PADANG TIMUR TERHADAP PEMULASARAAN JENAZAH COVID-19

Tiara, Puspa Amelia (2021) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS KELURAHAN SE-KECAMATAN PADANG TIMUR TERHADAP PEMULASARAAN JENAZAH COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya kasus penolakan jenazah Covid-19 di tengah masyarakat disebabkan kurangnya pengetahuan terkait pemulasaraan jenazah Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat pengetahuan dan sikap petugas kelurahan se-Kecamatan Padang Timur terhadap pemulasaraan jenazah Covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena. Pemilihan sampel menggunakan metode total sampling pada 64 petugas kelurahan yang tersebar pada sepuluh kelurahan se- Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan dan sikap terhadap pemulasaraan jenazah Covid-19. Berdasarkan hasil kuesioner tingkat pengetahuan yang telah di uji mengindikasikan bahwa indikator tingkat pengetahuan sangat rendah 1,56% (1 petugas kelurahan), rendah 35,93% (23 petugas kelurahan), sedang 32,81% (21 petugas kelurahan) dan tinggi 29,68% (19 petugas kelurahan). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar petugas kelurahan se-Kecamatan Padang Timur memiliki tingkat pengetahuan yang rendah terhadap pemulasaraan jenazah Covid-19. Selain itu, analisis sikap didapatkan bahwa indikator netral (sedang) 57,81% dengan jumlah sampel 37 petugas kelurahan. Sikap setuju (tinggi) terhadap proses pemulasaraan jenazah Covid-19 sebesar 42,18% dengan jumlah sampel 27 petugas kelurahan. Berdasarkan hasil kuesioner sikap dapat disimpulkan bahwa sikap petugas kelurahan se-Kecamatan Padang Timur dalam kategori netral (sedang). Berdasarkan hasil kuesioner tingkat pengetahuan dan sikap dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan petugas kelurahan se-Kecamatan Padang Timur masih rendah terhadap pemulasaraan jenazah Covid-19 dan sikap petugas kelurahan sudah tergolong netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Taufik Hidayat, M.Sc, Sp.FM, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Covid-19, pemulasaraan jenazah, sikap, tingkat pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:21
Last Modified: 01 Dec 2021 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95967

Actions (login required)

View Item View Item