GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

ALVIN, ERYANDRA (2014) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201410302154th_skripsi alvin eryandra 0910352024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan oleh penyelenggara pelayanan kesehatan. Hal ini membutuhkan campur tangan pelayanan kesehatan agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang sesuai dengan cita-cita bangsa dengan pelayanan yang efektif, efisien dan terarah. Oleh karena itu, sebuah rumah sakit sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat harus memberikan pelayanan medis dan penunjang medis yang berkualitas dan terjangkau kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kualitas pelayanan kesehatan pasien rawat jalan di RSUP. DR. M. Djamil Padang. Penelitian ini didasarkan pada teori metode SERVQUAL dengan menggunakan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUP. DR. M. Djamil Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 100 orang dan metode yang digunakan adalah incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner tentang kualitas pelayanan kesehatan kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 100 orang pasien instalasi rawat jalan RSUP. DR. M. Djamil Padang, 53 orang pasien (53%) mempersepsikan kualitas pelayanan kesehatan yang ada di instalasi rawat jalan adalah baik, dan 47 orang pasien (47%) mempersepsikan kualitas pelayanan yang ada di instalasi rawat jalan adalah buruk. Adapun dilihat dari nilai rata-rata masing-masing dimensi kualitas pelayanan kesehatan dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu tangibles (0,036), emphaty (0,007), assurance (-0,002), responsiveness (-0,035), reliability (-0,036). Kata kunci : kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, pasien rawat jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 25 May 2016 09:46
Last Modified: 25 May 2016 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9576

Actions (login required)

View Item View Item