Pembiayaan Sektor Pertanian, Kehutanan dan Sarana Pertanian pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS): Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financing To Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF)

Velia, Desvita (2021) Pembiayaan Sektor Pertanian, Kehutanan dan Sarana Pertanian pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS): Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financing To Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya pembiayaan yang disalurkan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk sektor pertanian, kehutanan dan sarana pertanian di Indonesia dari analisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Non Performing Financing (NPF). Penelitian ini dilakukan pada pembiayaan sektor pertanian, kehutanan dan sarana pertanian pada 163 BPRS di Indonesia. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dari laporan keuangan BPRS pada laporan statistik perbankan syariah periode Januari 2015 sampai dengan Desember 2020 yang menghasilkan 72 sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kauntitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan bantuan program komputer Warp Partial Least Square (WarpPLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya pembiayaan yang disalurkan BPRS untuk sektor pertanian, kehutanan, dan sarana pertanian di Indonesia. NPF berpengaruh negatif dan signifikan terhadap besarnya pembiayaan BPRS untuk sektor pertanian, kehutanan dan sarana pertanian di Indonesia. Sedangkan, CAR dan FDR tidak berpengaruh terhadap besarnya pembiayaan BPRS untuk sektor pertanian, kehutanan dan sarana pertanian di Indonesia. Kata Kunci : Pembiayaan Pertanian, BPRS, CAR, ROA, FDR, NPF

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:25
Last Modified: 29 Nov 2021 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95633

Actions (login required)

View Item View Item