Modifikasi Saluran Penghantar pada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Kampus UNAND 2 X 400 kW di Sungai Batang Kuranji, Kampus UNAND Padang

Anastassya, Naziihah (2021) Modifikasi Saluran Penghantar pada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Kampus UNAND 2 X 400 kW di Sungai Batang Kuranji, Kampus UNAND Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Laporan TA_1710911042_Anastassya Naziihah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Kebutuhan akan adanya listrik saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Khususnya di kampus UNAND, listrik dibutuhkan untuk menyokong aktivitas sehari-hari dosen, mahasiswa, dan seluruh tenaga staf pekerja di kampus UNAND. Daerah kampus UNAND memiliki aliran sungai yang disebut DAS Kuranji yang berpotensi untuk didirikannya pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM). Pada pekerjaan pembangunan PLTM ini sudah dilakukan sebagian pekerjaan fisik dari pihak Unand, yang meliputi Power House, Penstock, dan Hydromechanical. Akan tetapi pembangunan terkendala pada saluran penghantar berupa saluran terbuka. Dilokasi tempat saluran penghantar memiliki jalan yang licin dan ada batu-batu cadas sehingga tidak mungkin dibangun saluran pengahantar berupa saluran terbuka. Solusi untuk PLTM ini agar beroperasi dengan baik yaitu dengan memodifikasi pada saluran penghantar berupa saluran tertutup dengan mengikuti kontur sungai. Berdasarkan data yang sudah ada, PLTM ini memiliki tinggi jatuh air (Hgross) yaitu 85 m, panjang pipa sepanjang kontur sungai yaitu 2200 m dan debit (Q) sebesar 1,4 m3/s. Adanya data ini dapat ditentukan cara modifikasi pada saluran penghantar ini. Setelah dilakukan Analisa dan perhitungan, maka material yang digunakan untuk pipa saluran penghantar yaitu material tahan karat (SS 400). Besar diameter pipa yaitu sebesar 1,07 m dan tebal pipa sebesar 5 cm. Karena pipa sangat panjang (>5xHgross) dibutuhkan surge tank sebagai peredam tekanan pada pipa dengan luas surge tank sebesar 48,56 m2 dan diameter surge tank sebesar 7,84 m. Untuk head efektif yang dihasilkan setelah efek rugi-rugi aliran adalah 82,51 m dan PLTM ini dapat menghasilkan daya sebesar 835,161 kW setelah dimodifikasi pada saluran penghantarnya. Untuk turbin yang digunakan pada pembangkit ini yaitu turbin Crossflow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:58
Last Modified: 30 Nov 2021 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95224

Actions (login required)

View Item View Item