Pengaruh Ekstrak Katekin Gambir (Uncaria Gambir Roxburgh) Terhadap Jumlah Melanin Pada Kulit Marmut Yang Terpapar Sinar Ultraviolet B

Jessica, Herlianez Saiful (2021) Pengaruh Ekstrak Katekin Gambir (Uncaria Gambir Roxburgh) Terhadap Jumlah Melanin Pada Kulit Marmut Yang Terpapar Sinar Ultraviolet B. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img] Text
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Gambir merupakan salah satu tanaman yang digunakan masyarakat sebagai obat-obatan. Gambir mengandung senyawa polifenol utama yaitu katekin yang berperan sebagai antioksidan. Katekin dapat menghambat aktivitas tyrosinase. Hingga saat ini, belum ada penelitian in vivo tentang efek depigmenting agent dari katekin gambir. Hidrokuinon (HQ) digunakan sebagai pembanding karena merupakan Gold Standard terapi hiperpigmentasi. Tujuan Membuktikan pemberian krim ekstrak katekin gambir 4% berpengaruh terhadap jumlah melanin pada marmut yang dipapar sinar UVB. Subjek dan Metode Penelitian pemberian krim ekstrak katekin 4% ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode post test only control group design. Penelitian terdiri dari tiga kelompok dengan jumlah sampel 9 ekor marmut jantan tiap kelompok. Kelompok 1(P0) yaitu kelompok kontrol diberi paparan sinar UVB dan diolesi krim dasar. Kelompok 2 (P1) diberi paparan sinar UVB dan krim hidrokuinon 4%, dan Kelompok (P2) diberi paparan sinar UVB dan krim ekstrak katekin gambir 4%. Dosis total UVB yaitu 390 mJ/cm2 yang diberikan 3 kali seminggu selama 2 minggu. Kemudian dilakukan pemeriksaan histopatologis jaringan kulit dengan pewarnaan Masson Fontana. Hasil Hasil penelitian menunjukkan jumlah melanin paling tinggi terdapat pada kelompok P0 sebesar 1,47±%. Jumlah melanin paling rendah terdapat pada kelompok P1 sebesar 0.1%, sedangkan jumlah melanin pada kelompok P2 sebesar 0,29%. Terdapat perbedaan bermakna antara kelompok P0 dengan kelompok P1 dan P2 (p<0,05). Kesimpulan Simpulan penelitian ini adalah krim ekstrak katekin gambir 4% berpengaruh terhadap jumlah melanin kulit marmut yang dipapar sinar UVB.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Satya Wydya Yenny, Sp.KK(K),FINSDV FAADV
Uncontrolled Keywords: ekstrak, katekin, gambir, melanin, ultraviolet
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:10
Last Modified: 19 Nov 2021 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94710

Actions (login required)

View Item View Item