Ahmad, Rusdi (2021) Analisis E-government Dalam Penerapan Aplikasi Sapo Rancak Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover abstrak.pdf - Published Version Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version Download (899kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab Kesimpulan.pdf - Published Version Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
Text
Full arus ganteng.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-government dalam pelayanan aplikasi Sapo Rancak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. DPMPTSP Kota Padang sebagai delegasi yang memiliki wewenang penerbitan perizinan di Kota Padang, menghadirkan inovasi pelayanan perizinan yang dapat dilakukan secara elektronik untuk mempercepat proses perizinan berusaha masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori balanced e-government scorecard oleh Booz, Allen dan Hamilton bersama Bertelsmann Foundation yang menyatakan bahwa terdapat lima dimensi dalam penerapan e-government oleh pemerintah yaitu, manfaat, efisiensi, partisipasi, transparansi, dan manajemen perubahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pemilihan informan dengan teknik purposive sampling dan menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-government dalam pelayanan aplikasi Sapo Rancak untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan, secara umum sudah membantu masyarakat, namun belum berjalan dengan maksimal dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan masih belum terlaksanannya beberapa indikator yang terdapat pada dimensi penerapan e-government oleh pemerintah pada DPMPTSP Kota Padang. Hal ini dibuktikan pada dimensi manfaat, yaitu indikator kemudahan akses oleh stakeholders. Pada indikator tersebut, masyarakat masih datang ke Mal Pelayanan Publik Kota Padang untuk di ajarkan cara menggunakan layanan aplikasi Sapo Rancak. Kemudian pada dimensi partisipasi, masih belum terpenuhinya dua indikator yang dapat mendukung keterlibatan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan perizinan, yaitu indikator tersedianya fasilitas chatting, forum, mils, dan akses langsung masyarakat melalui web.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Roni Ekha Putra, S.IP, M.PA |
Uncontrolled Keywords: | E-government, Perizinan, Sapo Rancak, DPMPTSP Kota Padang |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:38 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 07:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94623 |
Actions (login required)
View Item |