intan, maharani (2021) PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI SEKOLAH LAPANG IPDMIP (Integred Perticipatory Development and Management of Irrigations Program) TAHUN 2020 KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK skirpsi fix.pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (692kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
Text (Skirpsi Full text)
Skripsi selesai (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Intan Maharani, NIM 1710841007, Pemberdayaan Petani melalui Sekolah Lapang IPDMIP Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Soisal dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2021. Dibimbing oleh Drs. Yoserizal, M.Si dan Kusdarini, S.IP, MPA. Skripsi terdiri dari 146 halaman dengan sumber buku 11 buku teori, 7 buku metode penelitian, 2 jurnal, 2 undang-undang, 5 dokumen lainnya, 4 website. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh petani di Indonesia masih tergolong hidup dibawah garis kemiskinanan dan cenderung lemah dalam permodalan maupun semangat untuk maju dan rendahnya kualitas sumber daya manusia dengan adanya Program IPDMIP yang bertujuan untuk dapat meningkatkan produksi pertanian melalui perbaikan saluran irigasi dan pemberdayaan petani salah satu kegiatannya yaitu Sekolah Lapang IPDMIP dan kegiatan lainnya yang dijalankan sebagai pendukung kegiatan IPDMIP seperti kunjungan antar desa, forum pengalaman antar petani, demonstrasi event yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, namun pada pelaksanaan IPDMIP tahun 2020 ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan salah yaitu kunjungan antar desa, demonstasi event, dan forum pengalaman antar petani, dan hanya kurang lebih hanya 50% petani yang menerapkan teknologi pertanian dilahannya masing-masing setelah sekolah lapang IPDMIP dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dari Randy R Wrinatnolo dan Riant Nugroho dengan tiga tahap pemberdayaan yaitu tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, tahap pendayaan untuk melihat bagaimana pemberdayaan sekolah lapang IPDMIP dilaksanakan pada tahun 2020 di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Metode pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, pemilihan informan peneltian dengan purposive sampling. Untuk menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan untuk hasil penelitian yang lebih valid maka akan dilakukan triagulasi data. Hasil penelitian pada pemberdayaan petani melalui sekolah lapang IPDMIP dengan menggunakan tiga tahap pemberdayaan dari Randy R Wrihatnolo dan Riant Nugroho bahwa tahap pemberdayaan yang dilakukan pada sekolah lapang IPDMIP sudah dilaksanakan dengan baik, namun ada indikator tahap pemberdayaan yang tidak dilaksanakan yaitu pengkapasitasan organisasi, dan terdapat kendala pada tahap pendayaan dengan indikator daya atau kekuatan bahwa tidak semua petani menerapkan teknologi pertanian kurang dari 50% yang menerapkannya secara umum setelah dilaksanakannya sekolah lapang IPDMIP rata-rata produksi pertanian petani di Kecamatan Lubuk Sikaping meningkat. Namun program ini tidak dilakukannya keberlanjutan program Sekolah Lapang IPDMIP sehingga hanya sebatas program yang dijalankan yaitu selama 12 kali pertemuan. Kata kunci: pemberdayaan, sekolah lapang IPDMIP, produksi pertanian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Yoserizal, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 03:12 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 03:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94553 |
Actions (login required)
View Item |