Gambaran Pola Kuman dan Pemberian Antibiotika Profilaksis pada Pasien Infeksi Luka Operasi di RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2019-2020

Rasnaita, Marhamah (2021) Gambaran Pola Kuman dan Pemberian Antibiotika Profilaksis pada Pasien Infeksi Luka Operasi di RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2019-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Infeksi luka operasi merupakan salah satu infeksi nosokomial yang paling sering terjadi. Pola kuman penyebab infeksi luka operasi dapat berbeda di tiap rumah sakit. Untuk mencegah infeksi luka operasi dapat digunakan antibiotik profilaksis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola kuman dan pemberian antibiotika profilaksis pada pasien infeksi luka operasi di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif dengan teknik total sampling dan menggunakan data sekunder berupa data laboratorium hasil kultur mikrobiologi dan rekam medis. Variabel yang diteliti adalah usia, jenis kelamin, spesies bakteri hasil kultur spesimen infeksi luka operasi dan kepekaannya terhadap antibiotik, serta antibiotik profilaksis yang diresepkan. Analisis hasil penelitian dilakukan secara univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan 39 dari total 60 pasien infeksi luka operasi memenuhi kriteria inklusi; kelompok usia terbanyak pada infeksi luka operasi adalah >45-65 tahun (38,5%); mayoritas pasien infeksi luka operasi berjenis kelamin perempuan (64,1%); pola kuman pada infeksi luka operasi adalah Escherichia coli (23,1%), Pseudomonas aeruginosa (17,9%), Klebsiella pneumoniae (15,4%), Acinetobacter baumanii (12,8%), dan Staphylococcus aureus (12,8%); sebagian besar kuman Gram negatif sensitif terhadap amikasin dan meropenem, kuman Gram positif sensitif terhadap linezolid, nitrofurantoin, quinupristin-dalfopristin, dan tigeskilin; antibiotik profilaksis paling banyak diresepkan pada pasien infeksi luka operasi adalah seftriakson (76,9%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rahmatini, M. Kes
Uncontrolled Keywords: Infeksi luka operasi, Pola kuman, Antibiotik Profilaksis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:06
Last Modified: 19 Nov 2021 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94534

Actions (login required)

View Item View Item