SUBALTERNITAS DALAM CERBUNG SARASWATI SI GADIS DALAM SUNYI KARYA A. A. NAVIS (TELAAH POSKOLONIAL GAYATRI CHAKRAVORTY SPIVAK)

Fauzana, Dina (2021) SUBALTERNITAS DALAM CERBUNG SARASWATI SI GADIS DALAM SUNYI KARYA A. A. NAVIS (TELAAH POSKOLONIAL GAYATRI CHAKRAVORTY SPIVAK). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dina Fauzana.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (5).pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Draf TESIS FULL NADIN 2021 ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang subalternitas Dalam Cerbung Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi karya A. A. Navis. Subalternitas merujuk pada segala sesuatu yang terkait dengan pembatasan akses di mana ia menjadi semacam ruang pembeda yang tercermin melalui kolonialisme lama dan kolonialisme modern yang kemudian memunculkan kelompok-kelompok atau kelas-kelas bawah, terpinggirkan, termarginalisasi, ditekan, dan tidak memiliki akses untuk berbicara khususnya terhadap kaum perempuan. Dalam hal ini, subaltenitas ditekankan pada diskriminasi, kelompok/golongan subaltern, perlawanan Saraswati terhadap kekuasaan patriarki dan relasi antara cerbung dan situasi pasca PRRI. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan teknik analisis data atau analisis teks. Dimana data yang dianalisis akan disesuaikan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian ini: 1) subalternitas berkaitan erat dengan penindasan dan diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas khususnya terhadap anak disabilitas yang diwakili oleh tokoh Saraswati yang notabenenya seorang bisu-tuli. 2) subalternitas dalam cerbung tersebut didukung oleh fakta peristiwa pasca bergejolaknya PRRI di Sumatera Barat, yang secara tidak langsung berdampak pada psikologis masyarakat yang tertekan secara mental akibat di cap sebagai kelompok pemberontak oleh tentara APRI, diperparah dengan terjadi diskriminasi dan perlakuan tidak menyenangkan kepada masyarakat serta menjadikan perempuan sebagai objek seksualitas. Dalam hal ini diwakili oleh tokoh Saraswati dan masyarakat Sumatera Barat. Kata kunci: Subalternitas, Cerbung SSGDS, PRRI, Masyarakat Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu sastra
Date Deposited: 03 Nov 2021 09:08
Last Modified: 03 Nov 2021 09:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94046

Actions (login required)

View Item View Item