“STUDI KOMPARATIF TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH DAN INSTAGRAM PADA APLIKASI SMARTPHONE” (Survai Terhadap Mahasiswa Pada Delapan Universitas Di Kota Padang)

Melisa, Putri (2014) “STUDI KOMPARATIF TINGKAT KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH DAN INSTAGRAM PADA APLIKASI SMARTPHONE” (Survai Terhadap Mahasiswa Pada Delapan Universitas Di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501120018th_skripsi melisa ilkom.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jejaring sosial Path dan Instagram serta untuk mengetahui terdapat atau tidak perbedaan tingkat kepuasan penggunaan kedua jejaring sosial tersebut. Pengukuran tingkat kepuasan ini didasarkan pada kepuasan penggunaan media yang dikemukakan oleh McQuail tentang kepuasan penggunaan media yaitu informasi (Survaillance), identitas pribadi (Personal Identity), integrasi dan interaksi sosial (Personal Relationship), serta hiburan (Diversion) selanjutnya pada kepuasan isi pesan yang didasarkan pada dimensi yang dikemukan oleh Kotler serta kepuasan tampilan (user interface) dan konten didasarkan pada dimensi yang dikemukakan oleh Mcleod dan privasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode survai dengan menggunakan kuesioner, objek penelitian adalah 100 responden yang merupakan mahasiswa pada delapan universitas di Kota Padang dan aktif menggunakan kedua jejaring sosial tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive dan accidental sampling. Teori Uses and Gratification pengembangan dari Phillip Palmgreen digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Dan untuk melihat tingkat kepuasan pengguna jejaring sosial tersebut digunakan analis uji beda T-test dengan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan dari 24 standar penilaian, Instagram mampu mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dengan persentase sebesar 74,4% sementara jejaring sosial Path dengan persentase sebesar 71%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Instagram lebih unggul di dimensi kepuasan yang mampu memberikan hiburan lebih banyak dibandingkan path, sedangkan jejaring sosial path unggul dalam kepuasan informasi yang mampu menjawab rasa ingin tahu pengguna terhadap informasi di sekitar. Kata Kunci : Kepuasan, Path, Instagram, Teori Uses and Gratification, Mahasiswa, Smartphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 23 May 2016 07:09
Last Modified: 23 May 2016 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9379

Actions (login required)

View Item View Item