STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT

NINI, AFRIANI (2014) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
201410211410st_tesis nini afriani s2 ilmu komunikasi fisip pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Promosi Pariwisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat” berlatar belakang melihat catatan devisa yang menjadi pemasukan untuk Negara, dapat dipastikan bahwa pariwisata Indonesia memberikan pemasukan yang cukup besar untuk kas Negara. Angka ini diprediksi bisa meningkat apabila pariwisata di Indonesia di kemas dengan sedemikian rupa untuk menarik minat wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Promosi pariwisata selama ini kurang maksimal, kurang fokus dan Sumber Daya Manusianya yang kurang dalam mengetahui Teknologi Informasi, inilah yang dianggap sebagai salah satu akar masalah dalam peningkatan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara. Ini merupakan kerja keras Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam menciptakan strategi promosi yang kreatif untuk dapat menarik jumlah kunjungan ke Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan jumlah wisatawan dan untuk menganalisa pengaruh media yang digunakan dalam mempromosikan kawasan wisata terhadap jumlah kunjungan. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya diolah menggunakan teknik analisi dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Laswell dan konsep Bauran Promosi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melakukan promosi pariwisata dengan mengunakan 3 (tiga) elemen bauran promosi ( Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat) dalam mempromosikan Sumatera Barat untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Propinsi Sumatera Barat. Strategi promosi yang telah dirancang berisi informasi tentag Objek Daya Tarik Wisata, keindahan alam, event pariwisata dan ajakan mengunjungi Sumatera barat kemudian disampaikan melalui proses komunikasi dengan mengunakan media yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 21 May 2016 03:12
Last Modified: 21 May 2016 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9257

Actions (login required)

View Item View Item