Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Kuning Telur Pada Pengencer Air Kelapa Terhadap Kualitas Semen Cair Ayam KUB-1 (Kampung Unggul Balitnak)

Dian, Utari (2021) Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Kuning Telur Pada Pengencer Air Kelapa Terhadap Kualitas Semen Cair Ayam KUB-1 (Kampung Unggul Balitnak). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Dian Utari 1610612200 FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari jenis kuning telur pada pengencer air kelapa terhadap kualitas semen cair ayam KUB-1. Penelitian ini menggunakan metode RAK yang terdiri atas 4 perlakuan dan 4 ulangan yaitu P1 (semen cair + pengencer air kelapa dan kuning telur ayam ras), P2 (semen cair + pengencer air kelapa dan kuning telur ayam buras), P3 (semen cair + pengencer air kelapa dan kuning telur itik), dan P4 (semen cair + pengencer air kelapa dan kuning telur puyuh). Peubah yang diamati adalah motilitas, persentase hidup dan abnormalitas spermatozoa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motilitas dan persentase hidup spermatozoa menunjukkan perbedaaan yang tidak nyata (P>0,05) yang diantara perlakuan penambahan air kelapa dan berbagai jenis kuning telur. Sementara persentase abnormalitas menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) diantara perlakuan penambahan pengencer air kelapa dan berbagi jenis kuning telur. Persentase abnormalitas pada pengencer air kelapa dan kuning telur ayam ras lebih rendah (P<0,05) dari pada pengencer air kelapa yang ditambahkan dengan kuning telur lainnya. Disimpulkan bahwa kualitas semen cair ayam KUB-1 yang diencerkan dengan kuning telur ayam ras dan air kelapa memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan pengencer kuning telur dan air kelapa lainnya yaitu motilitas spermatozoa sebesar 80%, persentase hidup spermatozoa sebesar 83,7% dan abnormalitas spermatozoa sebesar 5,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Jaswandi, MS
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:57
Last Modified: 01 Oct 2021 08:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91694

Actions (login required)

View Item View Item