Sintya, Trifira (2021) Kualitas Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. Diploma thesis, universitas andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (893kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (225kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penyandang disabilitas yang mendapatkan diskriminasi terkait dengan pemenuhan hak-hak nya di dalam pelayanan publik. Sehingga perlunya penilaian kualitas pelayanan publik yang telah diberikan terhadap penyandang disabilitas. Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru adalah salah satu tempat layanan publik terpadu, terdapat berbagai macam instansi pemerintah maupun swasta yang menyediakan layanan publik. dengan angka kunjungan yang tinggi per harinya, Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru diharapkan menjadi jawaban bagi penyandang disabilitas untuk menggunakan pelayanan publik dengan lebih efisien, mudah, nyaman dan aman. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan publik bagi penyandang disabilitas di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru dan juga membantu mengangkat urgensi isu kesamaan hak masyarakat penyandang disabilitas dalam mengakses layanan publik di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori A.G. Subarsono dengan 3 Variabel yang digunakan untuk pengukuran kualitas layanan publik yaitu efisiensi, responsivitas, dan non-partisan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan wawancara digunakan metode purposive sampling dan juga snowball. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan pengumpulan data, kemudian reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru sudah sangat baik. Penyandang disabilitas merasa sangat diperhatikan atas kebutuhan pelayanan dan aksesibilitas penyandang disabilitas. Meskipun masih terdapat kekurangan pada fasilitas yang disediakan, Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru sejauh ini sudah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya, termasuk penyandang disabilitas. Terbukti berdasarkan hasil penelitian para penyandang disabilitas merasakan efisiensi, responsivitas dan tidak terdapat perlakuan diskriminasi bagi penyandang disabilitas. Untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, sebaiknya petugas pelayanan diberikan pendidikan dan pelatihan khusus bagi penyandang disabilitas, dan selalu memelihara fasilitas penyandang disabilitas yang sudah disediakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Roni Ekha Putera, S.IP,M.PA |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, Penyandang Disabilitas, Mal Pelayanan Publik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 07:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91578 |
Actions (login required)
View Item |