PEMIKIRAN DAN KARYA-KARYA PROF.DR.H MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (1920-1982)

MALTA, RINA (2011) PEMIKIRAN DAN KARYA-KARYA PROF.DR.H MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (1920-1982). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
1929.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang sejarah intelektual dan biografi tematis yang berjudul “Pemikiran dan Karya-Karya Prof.Dr.H Mahmud Yunus tentang Pendidikan Islam (1920-1982)”. Batasan awal penulisan ini adalah tahun 1920 karena pada tahun ini merupakan awal Prof.Dr.H Mahmud Yunus menulis dan kiprahnya dalam dunia pendidikan Islam mulai dikembangkan. Batasan akhirnya adalah tahun 1982 karena tahun terakhir Prof.Dr.H Mahmud Yunus menulis dan meninggal dunia. Pada penelitian ini peneliti mengungkapkan pemikiran, kiprah dan karya-karya yang ditulis oleh Prof.Dr.H Mahmud Yunus yang mempengaruhi dunia pendidikan Islam. Sebagaimana lazimnya studi sejarah, maka penelitian ini menggunakan metode sejarah. Sebagai langkah awal dilakukan pengumpulan bahan sumber (heuristik). Dalam Penelitian ini didapatkan berbagai jenis sumber, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Berhubung penelitian ini bersifat sejarah kontemporer, maka sumber yang digunakan juga banyak berasal dari sumber wawancara karena kurangnya arsip yang ditemukan. Sumber lisan ini kemudian diperkuat dengan sumber tulisan, sehingga kedua sumber ini dapat saling melengkapi. Setelah sumber diperoleh, kemudian dilakukan kritik, baik kritik interen maupun kritik eksteren. Langkah berikutnya adalah melakukan interpretasi. Terakhir dilaksanakan tahap penulisan dalam bentuk tesis ini. Prof.Dr.H Mahmud Yunus mulai belajar pada usia 7 tahun dengan kakeknya sendiri, Muhammad Thaher bin Muhammad Ali gelar Angku Gadang di surau Talang. Beliau memulai pendidikannya dari pendidikan surau sampai ke universitas Al-Azhar Mesir pada tahun 1924. Pendidikan yang ia dapat di Mesir dikembangkanya di Indonesia pada sekolah-sekolah agama dan sekolah umum. Prof.Dr.H Mahmud Yunus melakukan pembaharuan pada dunia pendidikan Islam seperti pembaharuan dalam metode pengajaran dan pendidikan, pembaharuan kelembagaan dalam pengenalan pengetahuan umum dan pembaharuan pengajaran Bahasa Arab, dan memasukkan pelajaran agama ke kurikulum sekolah pemerintah. Prof.Dr.H Mahmud Yunus juga mempunyai kiprah pada lembaga pendidikan Islam, seperti berdirinya Madras Scholl,Normal Islam, PGAI, SMI, dan merintis berdirinya Perguruan Tinggi Agama Islam. Perjalanan karir Prof.Dr.H Mahmud Yunus terus berkembang dan keinginannya untuk menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam buku tidak ada kendalanya. Ide dan pemikiranya tersebut dituangkan dalam 82 buku yang terdiri dari 42 buku yang berbahasa Indonesia dan 35 buku yang berbahasa Arab. Penelitian ini penulis menemukan 65 buku dan menggunakan 39 buku untuk di analisa pada bab IV. Karya-karya Prof.Dr.H Mahmud Yunus ini pada saat sekarang masih banyak digunakan sebagai sumber bacaan, baik di sekolah-sekolah maupun bagi masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 17 May 2016 10:02
Last Modified: 17 May 2016 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item View Item