GAMBARAN STRES AKADEMIK SISWA SMA N 3 PADANG

TIARA, KURNIA PUTRI ELWAN (2014) GAMBARAN STRES AKADEMIK SISWA SMA N 3 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201405231212rd_skripsi- tiara kurnia putri elwan-0910352035-psikologi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan media untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dalam pelaksanannya terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Munculnya inovasi dalam bidang pendidikan dan siswa sebagai subjek pendidikan, memiliki tuntutan dan beban bagi siswa. Tuntutan dan beban seperti beban akademik yang berat akan menjadi salah satu pemicu stress di bidang akademik. Strategi coping merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi stres yang dialami siswa sehingga tetap mampu memiliki prestasi akademik yang baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stress akademik pada siswa SMAN 3 Padang. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan concurrent triangulation. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 3 Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 251 orang dan metode yang digunakan adalah Proporniate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tentang stres, faktor penyebab stres, dan strategi coping kepada responden. Analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi untuk metode kuantitatif, dan content analysis untuk metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 251 siswa, 28 siswa (11.2%) mengalami stres lebih rendah, 87 siswa (34.3%) mengalami stress sedang, dan136 orang (54.2%) mengalami stres lebih tinggi. Adapun faktor penyebab stres paling dominan yaitu tuntutan sekolah sebanyak 90 siswa (35.9%), dan faktor lain yaitu interpersonal sebanyak 64 siswa (25.5%). Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan 129 (51.4%) siswa menggunakan problem focused coping, dan 122 (48.6%) siswa menggunakan emotion focused coping. Pada aspek problem focused coping, dimensi yang paling dominan digunakan adalah problem focused dengan mean 2.92 yang didukung oleh hasil penelitian menggunakan open questionnaire dimana 146 (58.2%) siswa menggunakan problem focused untuk mengatasi kesulitan dalam proses belajar mengajar. Kemudian, pada aspek emotion focused coping dimensi yang paling dominan digunakan adalah seeking social support dan tension reduction dengan mean 2.92 yang didukung oleh hasil penelitian menggunakan open questionnaire dimana 113 (45%) siswa menggunakan tension reduction untuk mengurangi perasaan stres dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: stres, akademik, coping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 14 May 2016 04:40
Last Modified: 14 May 2016 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8582

Actions (login required)

View Item View Item