Dini, Annisa Putri (2016) Perancangan Strategi Pengembangan Produk Bundling Indihome 3Play (Studi Kasus : PT Telkom Indonesia Kantor Daerah Telekomunikasi Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
05. BAB 1.pdf - Published Version Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI)
10. BAB 6.pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
TA Dini Annisa Putri - 1110931006.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Persaingan bisnis yang ketat saat ini membuat perusahaan-perusahaan akan berusaha memperbaiki strategi pemasaran menjadi lebih baik. Konsep pemasaran baru (marketing new) mulai muncul dimana experiential marketing mulai diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan dengan memanfaatkan informasi balik dari konsumen untuk memperbaiki produk dan layanan yang dimiliki. Dengan kemajuan teknologi informasi, internet dan multimedia membuat experiential marketing berkembang pesat. Indihome merupakan salah satu produk dari PT Telkom Indonesia yang menggabungkan komunikasi suara, layanan data via internet dan IPTV (Internet Protocol TV) dalam satu paket disebut dengan layanan 3Play. Penelitian ini dimulai dengan menentukan gap dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan Indihome 3Play. Selanjutnya tahapan membuat kerangka perancangan yang terdiri matriks External Factor Evaluation(EFE) dan Internal Faktor Evaluation (IFE). Tahap pencocokan dilakukan dengan menggunakan Matriks Internal Eksternal (IE) dan Strength-Weakness-Opportunities-Threaths (SWOT). Tahap keputusan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari hasil penentuan peringkat nilai kesenjangan (gap) yang terjadi pada variabel pelayanan menggunakan metode servqual didapatkan variabel tertinggi hingga terendah adalah kepuasan pelanggan 19,6%, jaminan 16,75%, daya tanggap 15,66%, kehandalan 15,6%, empati 11,96%, loyalitas pelanggan 11,37%, dan bukti fisik 9,06%. Nilai persentase gap tersebut menunjukkan seberapa besar harapan pelanggan Indihome 3Play tidak terpenuhi oleh pelayanan saat ini. Tingkat kepuasan pelanggan Indihome 3Play didapatkan rata-rata sebesar 84,13% yang mengindikasi pelayanan yang dilakukan sudah baik. Rancangan strategi yang didapatkan menggunakan matriks internal eksternal berada pada kuadran I (Grow and Build) yang menunjukkan bahwa kondisi internal dan eksternal perusahaan tinggi. Hasil skor bobot matriks IFE dan EFE didapatkan 3,76 dan 3,92. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan tiga usulan strategi alternatif yaitu strategi intensif, integrasi dan defensif. Dengan menggunakan QSPM, strategi usulan yang diberikan untuk PT Telkom Indonesia Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) Padang adalah strategi intensif yang terdiri dari penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kata Kunci : Indihome 3Play, Strategi, SWOT, dan QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | s1 teknik industri |
Date Deposited: | 13 May 2016 04:01 |
Last Modified: | 13 May 2016 04:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8464 |
Actions (login required)
View Item |