Pembuatan dan Pengujian Alat Uji Tarik untuk Mengukur Gaya Tarik dan Pertambahan Panjang Pada Material Thin Film ( Film Tipis) Berdasarkan Standar Astm D638-14 Tipe V

Moch, Fadhly Reza (2021) Pembuatan dan Pengujian Alat Uji Tarik untuk Mengukur Gaya Tarik dan Pertambahan Panjang Pada Material Thin Film ( Film Tipis) Berdasarkan Standar Astm D638-14 Tipe V. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Alat uji tarik adalah salah satu sarana laboratorium yang penting dalam menunjang dan mendukung proses kemajuan teknologi industri. Uji tarik adalah suatu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan suatu bahan/material dengan cara memberikan beban gaya yang sesumbu. Pada uji tarik, benda uji diberi beban gaya tarik sesumbu yang bertambah secara kontinu, bersamaan dengan itu dilakukan pengamatan terhadap perpanjangan yang dialami oleh benda uji. Melalui penilitian ini pembuatan mesin uji tarik dilakukan dengan mempertimbangkan harga yang lebih ekonomis untuk pengujian tarik material biopolimer. Komponen alat uji yang akan didesain meliputi kerangka alat uji, performasi alat uji dan data akuisisi, sehingga didapatkan grafik korelasi perubahan gaya tarik terhadap pertambahan panjang spesimen. Oleh karena itu, untuk mendapatkan alat uji tarik tersebut dilakukan perancangan alat uji, pembuatan alat uji dan pengujian alat uji. Didapatkan hasil rancangan alat uji tarik yang sudah memiliki bentuk sesuai dengan perancangan pada gambar teknik yang diinginkan. Alat uji tarik yang dirancang dapat membaca gaya tarik dan pertambahan panjang spesimen dan didapatkan grafik korelasi gaya tarik terhadap pertambahan panjang spesimen. Hasil pengujian alat untuk nilai keakuratan alat uji tarik DIY , yang dibandingkan dengan alat uji tarik COM-TEN Testing Machine 95T Series pada Laboratorium Komposit Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas. Didapatkan rata-rata pada alat uji tarik COM-TEN Testing Machine 95T Series dan alat uji tarik DIY dari hasil kekuatan tarik dan modulus elastisitas nilai data sampel nata de coco tanpa campuran gambir lebih kecil dibanding nata de coco campuran gambir yaitu nilainya 125.6 MPa, 146.69 MPa dan 551.99 MPa,2451 Mpa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fiman Ridwan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : alat uji tarik, gaya tarik, pertambahan panjang, sampel thin film biopolimer
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:02
Last Modified: 21 Sep 2021 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82726

Actions (login required)

View Item View Item