EDO, RAHMAT (2014) PERANCANGAN APLIKASI MANAGEMENT GAME UNTUK SISTEM RANTAI PASOK PABRIK SEMEN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ASPEK PERSAINGAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (SKRIPSI)
201405071112th_tugas akhir edo rahmat 0910931004.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Supply Chain Management adalah pendekatan yang mengatur secara efisien antara supplier, manufactur dan store, sehingga produk dapat diproduksi dan didistribusikan pada ukuran yang tepat, lokasi yang tepat, dan pada waktu yang tepat dalam biaya order minimal serta servis level yang memuaskan sesuai dengan keinginan konsumen Bullwhip Effect mengakibatkan penumpukan persediaan masing ? masing channel pada supply chain. Untuk menganalisis bullwhip effect dari persaingan maka dikembangkan beer game dengan mempertimbangkan aspek persaingan. Namun, pengembangan hanya dilakukan dengan simulasi menggunakan Microsoft Excel. Management Game merupakan simulasi yang dilakukan oleh beberapa pemain sehingga dengan hanya menggunakan Microsoft Excel maka akan timbul kesulitan dalam pengumpulan data seluruh pemain. Selain itu dalam beberapa stage management game dibutuhkan koordinasi antara beberapa pemain. Karena itu dibutuhkan suatu tools terkomputasi untuk memudahkan pengumpulan data dan koordinasi antar pemain dalam Management Game. Langkah-langkah yang dilakukan pada tahap perancangan aplikasi ini yaitu analisis sistem, desain sistem, perancangan perangkat lunak serta validasi dan verifikasi sistem. Tahap analisis sistem ini dilakukan dengan mengetahui dan menganalisis kebutuhan aplikasi. Selanjutnya Tahap desain untuk pembuatan aplikasi management game berdasarkan kebutuhan sistem yang akan dituangkan dalam bentuk diagram menggunakan tool Unified Modelling Language (UML). Setelah proses perancangan, tahap selanjutnya adalah proses pembuatan perangkat lunak menggunakan Microsoft Visual Studio C#. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi management game untuk supply chain, yang dapat digunakan sebagai media edukatif untuk memperlihatkan terjadinya bullwhip effect dan dampak terhadap persaingan serta profitabilitas dari supply chain. Dari verifikasi didapatkan aplikasi management game untuk supply chain sudah berjalan sesuai dengan yang dirancang dan sudah sesuai dengan sistem nyata. Pada aplikasi ini game dapat dimainkan oleh 1 orang, 2 orang, 4 orang dan 8 orang dengan skenario yang dapat dimainkan yaitu sebanyak 3 skenario utama. Kata Kunci : Supply Chain Management, Bullwhip effect, Aplikasi, Management Game
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:56 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8251 |
Actions (login required)
View Item |