PENCABUTAN STATUS KEWARGANEGARAAN TERHADAP WARGA NEGARA INDONESIA MANTAN ANGGOTA ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYIRIA (ISIS) MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA

Ahmad, Fauzy (2021) PENCABUTAN STATUS KEWARGANEGARAAN TERHADAP WARGA NEGARA INDONESIA MANTAN ANGGOTA ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYIRIA (ISIS) MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Status Kewarganegaraan merupakan salah satu Hak Asasi Manusia yang tidak hanya dilindungi oleh Hukum Nasional, namun juga dilindungi oleh Hukum Internasional. Status kewarganegaraan merupakan identitas penting yang berkaitan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, serta berkaitan dengan hak kewarganegaraan yang diatur di dalam HAM. Pengaturan hukum Internasional yang menyinggung perlindungan hak kewarganegaraan, yaitu Convention relating to the Status of Stateless Person 1954 dan International Convention on Reduction of Statelessness 1961. Meskipun sudah ada ketentuan Internasional tentang status kewarganegaraan, namun masih ada kasus orang-orang tanpa kewarganegaraan. Salah satu penyebab orang-orang tanpa kewarganegaraan adalah pencabutan status kewarganegaraan. Pencabutan status kewarganegaraan juga pernah dilakukan oleh negara Indonesia terhadap warga negara Indonesia mantan anggota Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Berdasarkan uraian diatas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pengaturan pencabutan status kewarganegaraan menurut Hukum Internasional? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pencabutan status kewarganegaraan terhadap warga negara Indonesia mantan anggota Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) menurut Hukum Internasional dan Hukum Nasional Indonesia? Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif yakni penelitian dengan pengkajian norma-norma yang berkaitan, serta dengan pendekatan peraturan perundang-undangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mempelajari data dan bahan-bahan hukum kepustakaan yang ada seperti buku dan jurnal ilmiah guna menunjang materi dari penulisan penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Pengaturan pencabutan status kewarganegaraan menurut hukum Internasional berdasarkan Pasal 7 dan 8 International Convention on Reduction of statelessness 1961. 2) Pelaksanaan pencabutan status kewarganegaraan Indonesia mantan anggota ISIS berdasarkan pasal 31 ayat 1 huruf C PP No. 2 tahun 2007 dan Pasal 23 huruf D UU No. 12 tahun 2006. Kata Kunci: Kewarganegaraan, Warga Negara, Pencabutan, ISIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. Ferdi, S.H., M.H Magdariza, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:07
Last Modified: 02 Sep 2021 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81499

Actions (login required)

View Item View Item