Analisis Getaran dan Rancang Ulang Mekanisme Penggetar pada Hopper Electrostatic Precipitator (ESP) Coal Mill Pabrik Indarung IV PT.Semen Padang

Ilham, Budiman (2021) Analisis Getaran dan Rancang Ulang Mekanisme Penggetar pada Hopper Electrostatic Precipitator (ESP) Coal Mill Pabrik Indarung IV PT.Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak 1610911053.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan) 1610911053.pdf - Published Version

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup) 1610911053.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 1610911053.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full text))
Tugas Akhir Utuh 1610911053.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hopper ESP merupakan komponen dari Electrostatic Precipitator (ESP) yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sementara serbuk batubara (fine coal). Permasalahan yang terjadi pada hopper yaitu terbentuknya penumpukan fine coal pada dinding hopper, sehingga dibutuhkan sebuah mekanisme penggetar untuk merontokkannya. Penumpukan fine coal disebabkan karena masih tingginya kandungan air yang dimiliki oleh fine coal saat masuk kedalam ESP, sehingga membuat fine coal rentan untuk menempel pada dinding hopper. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis getaran yang terjadi pada hopper serta melakukan perancangan ulang mekanisme penggetar yang digunakan untuk merontokkan tumpukan fine coal dari dinding hopper. Penelitian dilakukan dengan memodelkan hopper berdasarkan gambar teknik dengan menggunakan perangkat lunak desain komersial, dan selanjutnya dilakukan analisis simulasi finite element method (FEM) pada perangkat lunak Marc Mentat untuk mengetahui bagaimana karakteristik dinamik yang dimiliki oleh hopper berupa frekuensi pribadi dan modus getar, respon getaran akibat pembebanan dalam bentuk grafik FRF, serta tegangan Von Mises maksimum akibat pembebanan yang dilakukan. Validasi hasil frekuensi pribadi simulasi akan dibandingkan dengan pengujian bump test yang dilakukan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pribadi pertama pengujian bump test dan simulasi masing - masing memiliki nilai 86 Hz dan 91,849 Hz dengan perbandingan error 6,8%, terdapat lima frekuensi pribadi yang dibandingan dengan menghasilkan error dibawah 10%. Terjadi respon getaran berupa displacement maksimum sebesar 65,19 mm pada frekuensi 100 Hz dalam simulasi mekanisme penggetar lama. Tegangan Von Mises maksimum akibat pembebanan yang diperoleh sebesar 16,72 MPa. Perancangan mekanisme penggetar terbaru telah diperoleh dengan memilih baja profil U 180mm dengan tebal plat 5mm sebagai bagian dari komponen mekanisme penggetar terbaru. Kekakuan hopper akan meningkat apabila baja profil U yang digunakan lebih panjang. Sehingga membutuhkan frekuensi yang lebih tinggi untuk mendapatkan perubahan displacement secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Meifal Rusli
Uncontrolled Keywords: Hopper ESP, Frekuensi Pribadi, FRF, Tegangan Von Mises, dan Finite Element Method.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:01
Last Modified: 27 Aug 2021 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80629

Actions (login required)

View Item View Item