kesantunan Berbahasa Pembeli di Pasar Raya Solok

Mayang, Sari Anugrah (2020) kesantunan Berbahasa Pembeli di Pasar Raya Solok. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (8).pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V-dikonversi.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Kepustakaan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
TESIS MAYANG SARI ANUGRAH WATERMARK-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa pembeli di pasar Raya Solok. Penelitian ini difokuskan pada bentuk kesantunan, prinsip kesantunan, dan fungsi kesantunan pembeli di pasar Raya Solok. Kajian ini meliputi tiga tahap, yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Data dikumpulkan dengan metode simak. Teknik yang digunakan adalah teknik simak libat bebas cakap, teknik rekam dan reknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan translasional dan pragmatik. Hasil analisis data disajikan dengan menggunakan metode formal dan informal. Data yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 50 data. Dari hasil analisis ditemukan 6 kesantunan meminta,12 kesantunan menolak, 24 kesantunan bertanya, 2 bentuk kesantunan menyuruh, 2 kesantunan berjanji, 3 bentuk kesantunan memuji, dan 2 kesantunan memberi. Selanjutnya, penulis menemukan empat prinsip kesantunan yang terdiri atas 2 maksim kebijaksanaan, 4 maksim pujian, 1 maksim kerendah hati, dan 43 maksim kesepakatan. Penulis juga menemukan fungsi kesantunan yang terdiri dari 30 fungsi kompetitif dan 20 fungsi menyenangkan. Bentuk kesantunan digunakan pembeli bagaimana cara tuturan pembeli membeli barang di pasar agar berbahasa yang santun. Prinsip kesantunan digunakan oleh pembeli menunjukkan adanay kerjasama dengan lawan tutur. Fungsi kesantunan pembeli dapat dirumuskan sebagai fungsi kompetitif dan fungsi menyenangkan. Fungsi kompetitif terdapat fungsi negatif dengan tujuan mengurangi ketidakharmonisan. Tuturan pembeli kepada kepada pedagang yang santun sehingga tidak terkesan mengintimidasi lawan tutur. Pada fungsi menyenangkan terdapat kesantunan yang bersifat positif dengan tujuan mencari kesempatan berbaikan dan beramah tamah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ike Revita, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: bentuk kesantunan, prinsip kesantunan, fungsi kesantunan.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:36
Last Modified: 25 Aug 2021 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80567

Actions (login required)

View Item View Item