PENGARUH PROFIL PIN TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO SAMBUNGAN PLAT ALUMINIUM AA5052 PADA FRICTION STIR WELDING

Muhammad, Aliffion Desyafit (2021) PENGARUH PROFIL PIN TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN STRUKTUR MIKRO SAMBUNGAN PLAT ALUMINIUM AA5052 PADA FRICTION STIR WELDING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Friction Stir Welding merupakan pengelasan kondisi padat yang memanfaatkan gesekan tool dengan benda kerja untuk melunakkan material yang disambung. Material yang dipilih adalah aluminium. Pemilihan tool yang tepat akan menghasilkan lasan dengan sifat mekanik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk pin yang berbeda terhadap sifat mekanik dan struktur mikro hasil lasan menggunakan Friction Stir Welding. Proses Friction Stir Welding dengan cara tool berputar melakukan penetrasi ke benda kerja dan gesekan akan melunakkan material. Sambungan terbentuk akibat bersatunya logam lunak pada kedua sisi dengan adanya tekanan tool. Friction Stir Welding pada aluminium 5052 menggunakan mesin frais dan tool dengan bentuk pin kerucut, silinder, dan silinder beralur dengan parameter putaran tool 1120 rpm, kecepatan pengelasan 12 mm/min, sudut kemiringan tool 0o dan kedalaman pembenaman pin 4,8 mm menunjukkan proses berlangsung dengan baik. Hasil pengujian mekanik menunjukkan nilai kekerasan sebesar 65,8 VHN menggunakan pin kerucut lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pin silinder beralur dan segitiga beralur. Kekuatan tarik tertinggi menggunakan pin silinder beralur sebesar 73,95 MPa. Pengamatan struktur mikro menunjukkan butir menjadi lebih halus di daerah adukan dibandingkan daerah Thermomechanically Affected Zone, Heat Affected Zone, dan logam induk. Terdapat beberapa cacat pada hasil lasan, seperti Incomplete Penetration dan Crack, yang mempengaruhi sifat mekaniknya. Friction Stir Welding pada aluminium 5052 menggunakan tool dengan pin silinder beralur menghasilkan sifat mekanik dan struktur mikro yang lebih baik daripada menggunakan pin silinder atau kerucut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Friction Stir Welding, aluminium 5052, profil pin, cacat.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:07
Last Modified: 25 Aug 2021 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80565

Actions (login required)

View Item View Item