PERBEDAAN EFEK EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANTARA MEDIA BUKU INTERAKTIF DENGAN FLIP CHART PADA SISWA KELAS III SD BHAYANGKARI 01 KOTA PADANG

Debby, Honesty (2015) PERBEDAAN EFEK EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANTARA MEDIA BUKU INTERAKTIF DENGAN FLIP CHART PADA SISWA KELAS III SD BHAYANGKARI 01 KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201503040645th_01_combine.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Karies gigi merupakan masalah yang sering timbul pada anak-anak maupun orang dewasa. Faktor penyebab tingginya masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak, salah satunya adalah faktor mental. Faktor mental berkaitan dengan pengetahuan dan pengetahuan akan mempengaruhi perilaku seseorang, untuk itu perlu dilakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan anak sehingga akan menimbulkan sikap positif pada anak. Anak-anak sebagai sasaran pendidikan memiliki karakteristik tertentu sesuai dengan perkembangan kognitifnya. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk menentukan media yang cocok digunakan dalam membantu proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efek edukasi kesehatan gigi dan mulut antara media buku interaktif dengan flip chart pada siswa kelas III SD. Material dan metode: Metode penelitian adalah non equivalent control group design. Sampel diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Sampel diambil sebanyak 28 orang, 14 orang dari kelas III A dan 14 orang dari kelas III B. Kedua kelas diberikan pre test kemudian kelas III A diberikan edukasi menggunakan buku interaktif dan kelas III B menggunakan flip chart. Siswa kemudian diberikan post test sebanyak 4 kali yaitu 20 menit, 1 hari, 6 hari, dan 14 hari setelah diberikan edukasi.Analisis data yang digunakan adalah uji T dependen, uji T independen, dan uji ANOVA berulang (p<0,05). Hasil dan kesimpulan : Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh antara kedua jenis media terhadap peningkatan pengetahuan dengan nilai signifikan sebesar 0,504 (p>0,05). Hasil uji ANOVA berulang menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai post test 3 dengan post test 4 dari siswa yang diberikan edukasi menggunakan buku interaktif dengan nilai signifikan 0,082 (p>0,05). Disimpulkan bahwa buku interaktif merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan retensi pengetahuan yang baik. Kata Kunci : buku interaktif, flip chart, peningkatan pengetahuan, retensi pengetahuan Kepustakaan : 38 (2002-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 09 May 2016 04:37
Last Modified: 09 May 2016 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item