PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP PERADIASI CIRCULAR LINEAR PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP PERADIASI CIRCULAR LINEAR ARRAY UNTUK KOMUNIKASI JARAK JAUH DAYA RENDAH DENGAN FREKUENSI 920–923 MHz

Dinda, Fajria (2021) PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP PERADIASI CIRCULAR LINEAR PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP PERADIASI CIRCULAR LINEAR ARRAY UNTUK KOMUNIKASI JARAK JAUH DAYA RENDAH DENGAN FREKUENSI 920–923 MHz. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (1. Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2. BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (3. BAB akhir (Kesimpulan))
3. BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4. Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img] Text (5. Tugas Akhir Utuh)
5. Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi jarak jauh daya rendah atau LoRa merupakan sistem komunikasi wireless untuk Internet of Things (IoT) yang didesain untuk mengirim data ukuran kecil. LoRa memiliki jangkauan jauh, konsumsi daya yang rendah, kecepatan data rendah, dan transmisi data yang aman. LoRa memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat melakukan pengiriman data langsung ke server, sehingga dibutuhkan antena mikrostrip sebagai alat untuk mengirim dan menerima informasi dalam bentuk gelombang radio. Pada penelitian ini, dirancang antena miskrostrip peradiasi circular linear array untuk komunikasi jarak jauh daya rendah dengan frekuensi 920 - 923 MHz dengan menggunakan teknik inset feed dengan substrate FR4 Epoxy (ℇr= 4.4). Antena yang dirancang menggunakan perangkat lunak Ansoft HFSS versi 13.0. Tahapan pada penelitian ini dimulai dengan perancangan antena elemen tunggal, perancangan antena elemen array. Semua tahapan dilakukan untuk menilai kinerja antena berdasarkan beberapa parameter antena seperti return loss, VSWR, gain, dan pola radiasi. Hasil rancangan akhir antena elemen array memiliki dimensi 256.3x141.5x1.6 mm, returnloss ≤ - 12.0819 dB, VSWR 1.53, Gain 3.3697 dB dan Bandwidth 15MHz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Microstrip Antenna, Array, Bandwidth, Gain, LoRa.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:11
Last Modified: 19 Aug 2021 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80288

Actions (login required)

View Item View Item