Shellya, Salsabila (2021) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover&Abstrak.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (777kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (396kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam kehidupan peran dari pelayanan sangat besar, termasuk pelayanan publik. Setiap instansi pelayanan, wajib meningkatkan mutu pelayanan. Buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia harus segera diatasi oleh pemerintah. Salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut dikenal dengan istilah e-government atau penyelengaraan pemerintahan berbasis elektronik atau internet. Proses penerapan e-government melalui beberapa tahapan yaitu kehadiran (web presence) dalam website disdukcapil, interaksi (interaction), transaksi (transaction) dan transformasi (transformation). Salah satu cara meningkatkan pelayanan yaitu dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang lebih efektif. Sehingga dapat mendorong pemerintah melakukan percepatan dalam e-government yaitu suatu upaya untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan yang berbasis elektronik. Dengan adanya sistem e-government, diharapkan setiap instansi pelayanan publik dapat memberikan peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih transparan, efektif dan efisien. Untuk pelayanan secara online sudah dapat diakses masyarakat Kota Padang, namun masih terdapat sejumlah kendala dalam operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-government dalam pembuatan KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori Nugroho (2007) tahapan perkembangan penerapan e-government di Indonesia dibagi menjadi empat dan untuk melihat indikator efektivitas menggunakan teori Sondang P Siagian. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling dan menguji keabsahan data peneliti dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dalam penggunaan website masih belum efektif. Masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu berkaitan dengan server dan jaringan yang terkadang bermasalah. Dari yang dulunya pelayanan cuma bisa diakses di kantor saja, sekarang pelayanan bisa diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut bisa terjadi karena Disdukcapil Kota Padang menggunakan sistem pelayanan online, yang berarti disdukcapil menghadirkan pelayanan administrasi kependudukan ke tengah-tengah masyarakat. sehingga membuat masyarakat menjadi terbantu untuk mengurus dokumen kependudukannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Aidinil Zetra, M.A |
Uncontrolled Keywords: | E-government, Website, Pelayanan |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79866 |
Actions (login required)
View Item |