Tingkat Penggunaan Alat Keselamatan pada Pengguna Sepeda Motor di Kota Padang (Studi Kasus Jalan Raya Ampang Padang)

AFWANDI, PAFRIAN (2014) Tingkat Penggunaan Alat Keselamatan pada Pengguna Sepeda Motor di Kota Padang (Studi Kasus Jalan Raya Ampang Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201405061752th_afwandi pafrian 0910923122.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran pengguna sepeda motor dapat dilihat dari tingkat penggunaan alat alat keselamatan kendaraan diantaranya menggunakan helm,jaket, sarung tangan, sepatu dan menghidupkan lampu lampu sepeda motor. Minimnya penggunaan alat keselamatan pada pengguna sepeda motor mengakibatkan makin banyaknya korban pada saat terjadinya kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan alat keselamatan pada pengguna sepeda motor untuk mengurangi resiko kecelakaan dan membandingkan hubungan antara penggunaan alat keselamatan dengan jenis kelamin pengguna sepeda mootr dengan metode chi square. Lokasi penelitian adalah di jalan Raya Ampang kota Padang dengan mengamati pengguna sepeda motor yang menggunakan alat keselamatan helm, jaket, sepatu, sarung tangan dan menghidupkan lampu pada siang hari pada jam sibuk dan tidak sibuk. Metode survei menggunakan kamera video untuk merekam data yang akan diteliti. Hasil penelitan diantaranya yaitu tingkat penggunaan helm untuk pengguna sepeda motor yang paling tinggi adalah pada jam tidak sibuk 09.30-10.45 dengan persentase 80,76%. Sedangkan untuk pengendara saja yang paling banyak menggunakan helm justru pada jam sibuk pagi 06.45-07.45 dengan persentase 92,34 %. Penggunaan Jaket untuk keseluruhan tidak lebih dari 50% pengguna sedangkan penggunaan sepatu lebih dari 50% pengguna. Pengendara perempuan paling banyak menggunakan sarung tangan pada jam tidak sibuk 09.30-10.30 dengan persentase 18,43%. Dan yang menghidupkan lampu untuk keseluruhan hanya kurang 13%, Hasil uji statistik dengan menggunakan metode Chi Square secara keseluruahn pada jam sibuk dan tidak sibuk untuk pengendara dalam penggunaan alat keselamatan diperoleh hubungan antara variabel terhadap alat keselamatan adalah 64 % penggunaan alat keselamatan tergantung dari jenis kelamin dan 36 % penggunaan alat keselamatan tidak tergantung dari jenis kelamin. Sedangkan untuk pengendara adalah 54 % penggunaan alat keselamatan tidak tergantung dari jenis kelamin dan 46% penggunaan alat keselamatan tergantung dari jenis kelamin. Kata Kunci : Alat Keselamatan, Sepeda Motor, uji statistik Chi Square (χ²)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 29 May 2016 04:41
Last Modified: 29 May 2016 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item